PEMERINTAHAN

Korban Gempa Sumbawa Dapat Bantuan Ribuan Terpal

120

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA —
Pemerintah Provinsi NTB melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan untuk korban gempa Sumbawa, Kamis (27/9) kemarin.

Bantuan yang diangkut menggunakan dua puso tersebut, salah satunya ribuan terpal untuk dibuatkan tenda darurat bagi korban yang rumahnya sudah dibongkar.

Kepada media ini, Jum’at 28 September 2018, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumbawa, M. Nurhidayat membenarkan adanya bantuan dari pemerintah provinsi tersebut.

Bantuan itu kata dia, diangkut menggunakan dua puso terdiri dari 2.000 terpal, 3.000 tikar, 3.000 selimut, 2.000 kilogram ikan asin, 100 dus kopi, 200 kilogram gula, 200 dus susu, 100 dus energen, 60 dus sarden, 2.000 dus air, 18 buah tandon, dan 1.000 dus mie instan.

Baca Juga:  Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD KLU Terhadap Dua Raperda Eksekutif

“Keseluruhan bantuan ada dua puso, dan ada yang diturunkan di Posko kami di Alas untuk mempermudah pembagian logistik di daerah terdampak,” ujar Nurhidayat.

Disampaikannya, bantuan ini diberikan kepada korban di daerah yang terdampak di Kabupaten Sumbawa. Baik di Kecamatan Alas, Alas Barat, Buer, Utan, dan Lunyuk. Setelah bantuan diterima, pihaknya langsung melakukan pendistribusian. “Ini kita sudah mulai melakukan pendistribusian,” jelasnya.

Terhadap bantuan terpal, diprioritaskan kepada korban yang rumahnya rusak berat dan yang sudah dirobohkan. Maing-masing rumah diberikan dua terpal untuk didirikan tenda darurat.

Baca Juga:  159 Pejabat Lingkup Pemkab Sumbawa Dirotasi

“Pemerintah menginginkan pengungsi di lapangan itu pindah ke rumah masing-masing. Bagi rumahnya yang rusak berat dan sudah dirobohkan diberikan terpal untuk mendirikan tenda. Jadi satu ruamh dua terpal. Kita juga memberikan bantuan makanan, kopi, gula, teh dan lainnya,” terang pria yang akrabb disapa Dayat ini.

Saat ini lanjutnya, rumah warga yang rusak berat sudah mulai dirobohkan. Kemudian yang rusak ringan dan kondisinya menjadi rusak berat akibat gempa susulan juga sudah dirobohkan. Makanya bantuan terpal dan bantuan lainnya sangatlah bermanfaat bagi para korban yang terdampak. (NM3)

Baca Juga:  Bupati Djohan Tanggapi Pemandangan Umum Fraksi Terkait RAPBD 2022
Artikel sebelumyaBerperan Aktif Bantu NTB, Doktor Zul Apresiasi Tim ACT
Artikel berikutnyaPusat Tindak Lanjuti Usulan Pembentukan UKK Imigrasi KSB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here