PEMERINTAHAN

NTB Segera Lakukan Percepatan Serapan Anggaran

47
Inspektur Inspektorat Provinsi NTB, Ibnu Salim

NUSRAMEDIA.COM — Serapan anggaran rata-rata Pemprov NTB dinilai baik. Terkait transfer dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam program vaksinasi segera akan dilakukan percepatan.

“Kita akan dorong melalui inspektur masing-masing kabupaten untuk melihat kendalanya. Nanti kita pantau,” ujar Inspektur Inspektorat NTB, Ibnu Salim di Mataram.

Dua kabupaten yakni Bima dan Lombok Barat termasuk masih rendah serapan anggarannya untuk alokasi vaksin. Sedangkan alokasi Bantuan Langsung Tunai Desa, Kabupaten Bima dan Lombok Tengah masih rendah.

Baca Juga:  159 Pejabat Lingkup Pemkab Sumbawa Dirotasi

Adapun realisasi Dana Alokasi Khusus Pariwisata, Lombok Tengah masih tertinggal dengan kabupaten lain. Sementara realisasi anggaran transfer daerah untuk NTB sebesar Rp 15 triliun baru terserap sebesar 11 triliun.

“Realisasinya perlu percepatan dengan waktu yang tinggal dua bulan lagi,” ujar Inspektur V Kementerian Keuangan, Patrick Wahyu Dwisaksono.

Dijelaskannya, kendala lapangan disebabkan karena pengadaan barang dan jasa dalam kondisi terbatas, refocusing dan PPKM. Adapun terkait bantuan sosial, masih ada yang belum tepat sasaran karena persoalan data.

Baca Juga:  Event Dunia di NTB, Haji Boh : Ini Kesempatan Emas Bagi Kita Semua!

“Intinya dikawal oleh inspektorat dan menjaga integritas dalam pengadaan barang dan jasa. Harus ada langkah akhir tahun yang beresiko besar,” tutup Patrick. (red) 

Artikel sebelumyaSelamat, NTB Peringkat 3 Nasional KIP 2021
Artikel berikutnyaMuhammad Nasir Ingin Buat Perubahan Besar untuk KSB