PEMERINTAHAN

“Pantai Loang Baloq” Dipilih Jadi Lokasi Pemantauan Hilal

288

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mataram akan menggelar pemantauan rukyat hilal awal Ramadhan pada Ahad (5/5) pukul 17.00 Wita.

“Pengamatannya di Pantai Loang Baloq,” demikian hal itu dikatakan Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, Ahad (5/5) di Mataram.

Ia menjelaskan alasan dipilihnya Pantai Loang Baloq menjadi tempat pemantauan hilal. Menurutnya , Pantai Loang Baloq dipilih lantaran dinilai memudahkan tim dalam melihat hilal. Sebab, pandangan di pantai tidak terhalang oleh apapun.

Baca Juga:  Program Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa

Sementara itu, Tim Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB Ida Suriyati mengatakan pelaksanaan rukyat hilal di NTB dilakukan di tiga tempat.

Untuk di Pulau Lombok, personel Kemenag seluruh kabupaten dan kota di Lombok akan bergabung dengan Kemenag Provinsi NTB dan BMKG Mataram dalam pemantauan hilal awal Syawal di Pantai Loang Baloq.

“Untuk Kemenag Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa, yang melaksanakan rukyat hilal di (kabupaten) Dompu dan Sumbawa Barat. Jadi di NTB ada 3 lokasi rukyat hilal,” kata Ida.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

Ida menyampaikan, Kemenag NTB akan menggunakan teleskop vixen dan theodolit milik Kemenag NTB, teleskop milik MAN 1 dan MAN 2 Mataram, dalam pemantauan hilal.

“Mudah-mudahan Fakultas MIPA Universitas Mataram dan UIN mataram juga bergabung dengan kita membawa teleskop juga,” tutup Ida Suriyati. (NM1)

Artikel sebelumyaKapal KM Dharma 3 GT 4 Tenggelam di Perairan Sangiang Bima
Artikel berikutnyaPejabat Publik Dilarang Jadi Ketua KONI?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here