PEMERINTAHAN

Pejabat Fungsional Pranata Komputer Berperan Strategis

81
Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr Najamuddin Amy

MATARAM — Pemerintah Provinsi NTB menggelar Diskusi Forum Koordinasi Pejabat Fungsional Pranata Komputer (PFPK) Lingkup Pemprov pada Kamis 19 Agustus 2021.

Giat tersebut berlangsung tepatnya di Aula Gemilanf Kantor Dinas Kominfotik Provinsi NTB. Hadir dikesempatan itu Sekda diwakili Asisten II Setda NTB Ir M Husni.

Kemudian, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr Najamuddin Amy. Menurut pria kelahiran asal Sumbawa Barat (KSB) itu, peran pejabat fungsional pranata komputer sangat strategis.

Terlebih, kata dia, di era berkembangnya digitalisasi saat ini. Karena kebutuhan akan TIK menyasar semua sektor dan komponen bahkan sendi kehidupan.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

Dimana revolusi industri 4.0 dan pandemi COVID19 yang telah melanda hampir dua tahun ini, menuntut percepatan proses transformasi digital di segala sektor dan aspek kehidupan.

“Disrupsi yang terjadi merubah cara kita bekerja, cara anak-anak kita belajar, cara kita bertransaksi yang sebelumnya dilakukan secara luring, berubah menjadi daring melalui teknologi informasi,” kata Doktor Najam sapaan akrab Kadiskominfotik NTB ini.

Secara nasional, percepatan transformasi digital dilaksanakan melalui Pengelolaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik dan Satu Data Indonesia. Hal ini sejalan dengan program unggulan NTB Gemilang yaitu SPBE NTB dan Satu Data NTB.

Baca Juga:  Ditempa Musibah Beruntun, Daya Tahan Zul-Rohmi Dinilai Sangat Baik

“Transformasi digital tersebut kita kawal juga di daerah kita dengan menerbitkan Perda Nomor 3 tahun 2018 tentang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Sistem Elektronik dan Peraturan Gubernur Nomor 59 tahun 2019 tentang Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” terangnya.

Dikatakan Doktor Najam, sebagai leading sektor TIK di daerah, ia akan terus mengawal dan membangun komunikasi dengan pejabat fungsional pranata computer lingkup Pemprov NTB.

“Ini untuk mengawal dan melakukan percepatan demi terwujudnya pembangunan daerah menuju NTB Gemilang,” demikian ungkap mantan Karo Humas dan Protokol Setda NTB ini. (red)

Baca Juga:  Wagub Minta Pelabuhan Lembar Ditata Baik dan Menarik
Artikel sebelumyaPertama di Indonesia, KSB Tuntaskan 5 Pilar STBM
Artikel berikutnyaNTB Terus Berbenah Sambut Gelaran Superbike dan MotoGP