PEMERINTAHAN

Pemecatan Tiga ASN Eks Napi Koruptor Sedang Dikaji

153

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Tiga oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) eks narapidana koruptor di Kabupaten Sumbawa hingga saat ini masih dirumahkan.

Sementara menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendagri, Men PAN RB dan Kepala BKN, tentang pemecatan ASN mantan napi koruptor paling lambat 31 Desember 2018, Pemkab Sumbawa masih harus melakukan kajian terlebih dahulu.

Bupati Sumbawa, H M Husni Djibril menyatakan, sejauh ini pihaknya masih melakukan pengkajian terhadap tindakan yang akan diambil.

Apalagi soal pemecatan. Agar kedepan keputusan yang diambil tersebut tidaklah salah.

Baca Juga:  Satgas Aset Pemprov NTB Mulai Lakukan Pendataan di Gili Trawangan

“Saya perintahkan Bagian Hukum untuk mengkaji sedalam-dalamnya, agar saya mengambil keputusan itu tidak keliru. Itu point pentingnya,’’ ujar Bupati kepada wartawan, Selasa (26/3).

Bupati mengaku tidak ingin melakukan pemecatan terhadap jajarannya. Namun, ketika itu menjadi sebuah perintah dalam aturan yang berlaku, maka harus dilaksanakan.

“Untuk pemecatan saya kira tidak seperti itu hati saya. Karena mereka juga tidak pernah berharap untuk begitu. Saya pun InsyaAllah tidak pernah sama sekali berfikir untuk memecat orang. Tetapi kalau itu sebuah perintah undang-undang maka wajib saya laksanakan. Kan tidak bisa berkompromi dengan hukum. Tetapi akan kita lihat dulu rekam jejaknya, kalau sudah jelas, nyata, pasti, nah langkah saya juga seperti itu,” jelas Bupati.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

Untuk diketahui di Provinsi NTB terdapat sekitar 72 ASN yang di rumahkan, lantaran menjadi mantan napi koruptor.

Khusus di Kabupaten Sumbawa, ada tiga ASN yang di rumahkan sementara, dan sejak 1 Januari 2019 lalu sudah tidak bekerja.

Itu dilakukan sambil menunggu hasil judicial review yang diajukan oleh lembaga hukum Korpri pusat ke Mahkamah Konstitusi.

Karena statusnya dirumahkan, maka saat ini tiga ASN dimaksud untuk sementara tidak bekerja di masing-masing OPD tempat mereka bertugas. (NM3) 

Baca Juga:  Ditempa Musibah Beruntun, Daya Tahan Zul-Rohmi Dinilai Sangat Baik
Artikel sebelumyaJenita Janet Warnai Acara Penutupan TMMD ke-104 di Dompu
Artikel berikutnyaBulog Diminta Segera Serap Gabah Petani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here