PEMERINTAHAN

Perbaikan Jalan Negara Terkendala Cuaca

100

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Cukup banyak titik kerusakan di ruas jalan negara, terutama mulai dari dalam Kota Sumbawa hingga simpangan Tano – KSB.

PPK 2.2 Simpang Negara Batas Kota Sumbawa Besar, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 9 Mataram – Satker PJN Wilayah 2 NTB, Mustafa. (Foto : Roby Teja)

Penanganan untuk pemeliharaan jalan pun belum dapat dilakukan dengan maksimal. Sebab, masih terkendala curah hujan yang cukup intens.

Hal itu disampaikan PPK 2.2 Simpang Negara Batas Kota Sumbawa Besar, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 9 Mataram – Satker PJN Wilayah 2 NTB, Mustafa yang ditemui wartawan di kantor Bupati Sumbawa.

Baca Juga:  Wagub Minta Pelabuhan Lembar Ditata Baik dan Menarik

Untuk anggaran perawatan jalan negara mulai dari Kota Sumbawa sampai Simpang Tano dalam tahun ini sebesar Rp 6 miliar.

Pemeliharaan jalan dilakukan secara long segment. Dengan memperbaiki ruas yang rusak saja, terutama menutup jalan yang berlubang.

“Penanganannya masing-masing kita lakukan secara long segment. Seperti pengerjaan di jalan itu ada penambalan lubang, ada rekonstruksi untuk kerusakan yang sifatnya pekerjaan utuh misalnya permukaan sudah keropos, itu kita perbaiki, kita rawat,’’ terangnya.

Salah satu titik jalan negara yang berlubang yakni di kilometer 21 di area Desa Luk. Itu belum bisa ditangani, karena curah hujan masih tinggi. Ketika dipaksa untuk dikerjakan, dikhawatirkan hasilnya akan buruk.

Baca Juga:  Ditempa Musibah Beruntun, Daya Tahan Zul-Rohmi Dinilai Sangat Baik

“Kita tunggu hujan agak reda, kita lihat struktur jalannya sudah kering dengan cuaca cerah, baru bisa kita tutup lubang-lubang itu. Kalau dalam keadaan basah kita tidak berani, nanti hasilnya tidak maksimal,” tutur Mustafa.

Menurutnya, yang harus dikedepankan dalam pemeliharaan jalan saat ini adalah penanganan penutupan lubang-lubang pengerasan jalan tersebut.

Kalau tidak dilakukan segera, dikhawatirkan pula terjadi kecelakaan. “Arena dampaknya nanti pengguna jalan ada kejadian, itu yang kita khawatirkan. Makanya kita utamakan pengerasan, dan semua pembersihan daerah milik jalan itu harus bersih,” tutupnya. (NM3)

Baca Juga:  Program Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa
Artikel sebelumyaTerancam Abrasi, Jalan di Batu Gong Perlu Segera Ditangani
Artikel berikutnyaSurahman Apresiasi Kinerja Polres Sumbawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here