PEMERINTAHAN

Pers Diharapkan Mampu Edukasi Masyarakat

258

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah menggelar acara silahturahmi bersama insan pers/media di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NTB, Rabu 6 Februari 2019.

Menurutnya, peran dan fungsi pers/media sangatlah penting. Untuk itu, digarapkan penyajian informasi kepada publik dapat di berikan secara apa adanya. Terlebih mampu mengedukasi masyarakat.

Sesuai fungsinya, media sebagai pemberi informasi, edukasi dalam pembangunan sebuah negara harus mampu menjadi wadah edukasi bagi masyarakat.

Maka dari itu, isi berita yang disampaikan mampu mengajak masyarakat berpikir kritis dan isinya juga harus mendidik.

Baca Juga:  Wagub Paparkan Inovasi dan Kolaborasi Hadapi Pandemi di NTB

Dalam memberitakan suatu kejadian. Pers harus mampu menunjukkan fakta dan kenyataan di lapangan.

Independensi seorang jurnalis dibutuhkan untuk edukasi tersebut. Tanpa ada kepentingan lain, wartawan harus bisa memberikan informasi yang mendidik sehingga isi beritanya memberi dampak positif.

“Peran adik-adik semua disini sangatlah penting. Karena tanpa informasi yang berimbang serta obyektif tentu cita-cita pembangunan NTB tidak akan maksimal,” ujarnya dihadapan sejumlah awak media.

“Yang lebih oentingnya lagi, pers harus mampu mengedukasi masyarakat,” tambah Wagub NTB lagi.

Wagub Umi Rohmi tersebut mencontohkan, pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi saat ini, proses pembangunan sedang berjalan bahkan dana yang dijanjikan pemerintah untuk tahap rehab dan rekon tersebut 100 persen telah masuk ke rekening masyarakat.

Baca Juga:  Kepala Perwakilan BPK NTB Berganti

Namun yang menjadi persoalan adalah pemberitaan media justru berbeda dengan kenyataan yang ada di lapangan.

“Di satu sisi ada informasi yang sesuai dengan porsinya, namun ada juga yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Bagaimana cara kita menyampaikan kepada masyarakat apa adanya. Jadi harus berimbang apa yang terjadi sebenarnya dengan apa yang terjadi di masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, pers dinilai memiliki peranan besar dan penting untuk mengawal NTB bangkit pasca terjadinya musibah gempa bumi pada Juli 2018 lalu.

Baca Juga:  Kabupaten Sumbawa Akan Terapkan "Simon Pajak Online"

Dalam kondisi ini, pers harus bisa menjadi pencerah bagi masyarakat. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sehingga tercipta hubungan yang baik.

“Semoga sinergi kita terus terbangun. Semoga adik disini bisa memberikan masukan untuk kemajuan NTB,” demikian Wagub NTB.

Untuk diketahui selain Pers dan Wagub, kegiatan itu juga diikuti langsung oleh Kalak BPBD NTB-H M Rum, Kadis Kominfotik NTB-Tri Budi Prayitno dan Plt. Karo Humas dan Protokol setempat, Najamuddin Amy. (NM1)

Artikel sebelumyaPemkot Mataram Siap Diperiksa BPK
Artikel berikutnyaWaspada! Akibat Rabies, di Dompu Lima Orang Meninggal Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here