PEMERINTAHAN

Pikades di Sumbawa Berlangsung Aman dan Lancar

113

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pilkades serentak telah dilangsungkan oleh 119 desa di 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (4/3). Dalam pelaksanaannya turut dilibatkan seluruh OPD Pemkab Sumbawa, serta TNI/Polri untuk melakukan pemantauan.

Guna memastikan Pilkades berjalan aman dan lancar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM bersama Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra S.IK dan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumbawa, Syaifullah S.Pd juga langsung turun mengunjungi TPS di sejumlah Kecamatan.

Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan ke beberapa desa di kecamatan Bagian Timur Sumbawa. Dari pemantauan pelaksanaanya berjalan lancar dan aman. Begitupula di kecamatan lainnya sudah disebarkan tim yang melakukan pemantauan dari masing-masing OPD.

“Tadi kami memantau sama Pak Kapolres di Lape, Plampang dan Empang. Alhamdulillah berjalan lancar dan aman. Semuanya tadi kita balik itu sudah selesai, tinggal berhitung saja. Begitujuga kecamatan-kecamatan lain kita sudah sebarkan pemantau kita dari masing-masing dinas itu,” ujarnya kepada wartawan.

Baca Juga:  Pemprov NTB Akuisisi Saham GNE Sepenuhnya

Diungkapkan Sekda, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan terkait pelaksanaan Pilkades ini. Sementara ini berjalan aman dan kondusif.

“Kita tetap berkomunikasi dengan semua kecamatan. Semuanya sudah kita telefon tadi, berjalan lancar semua. Untuk sementara berjalan aman dan kondusif, tidak ada gangguan,” tambahnya.

Kapolres Sumbawa, AKBP. Widy Saputra, S.IK  mengakui pihaknya telah menurunkan personil untuk melakukan pengamanan dalam Pilkades serentak di Sumbawa. Dirinya yang ikut melakukan pemantauan, mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keutuhan dan kerukunan.

“Siapapun yang terpilih menjadi kepala desa, maka itulah yang diberikan amanah oleh Allah untuk memimpin semua warga desanya untuk membangun desa. Tetap jaga keutuhan dan kerukunan. Secara umum lancar dan kondusif,” jelasnya.

Baca Juga:  Kejelasan Putus Kontrak Dipertanyakan, Sekda NTB : "Sedang Dalam Tahap Penyelesaian"

Terhadap pengamanan pemungutan suara, lanjut Kapolres, lebih kurang 929 personil yang diturunkan. Tersebar di 486 TPS di 119 desa di 23 kecamatan. Diharapkan prosesnya berjalan dengan lancar dan kondusif.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, Syaifullah S.Pd menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim untuk turun langsung meninjau pelaksanaan Pilkades, salah satu titiknya di Kecamatan Empang

“Alhamdulillah dari enam desa yang mengikuti Pilkades di Kecamatan Empang semua berjalan dengan aman dan lancar. Begitu juga di empat desa di Kecamatan Tarano pagi tadi saya bersama Kapolres dan Sekda Kabupaten Sumbawa juga turun langsung ke lokasi untuk memantau kondisi lapangan, hingga smpai saat ini semua proses brjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Baca Juga:  Berkunjung ke Mangkung, Kadisperkim NTB : "Semoga Jadi Saksi Kita Kelak di Yaumul Mizan"

Pasca Pilkades ini, diharapkan masyarakat tetap menjaga kondusifitas di desa masing-masing. Karena sebelum pelaksanaan sudah disepakati untuk siap menang dan siap kalah.

“Harapannya, supaya kita tetap menjaga kondusifitas. Pokoknya kita tunggu lah hasilnya. Terus siapa yang menang dan kalah, sudah sepakat siap menang dan kalah, bisa menerima,” harapnya.

Kemudian bagi Kades terpilih, diminta agar tetap merangkul yang kalah untuk membangun desa secara bersama-sama. Begitupula yang kalah ikut membantu kepala desa terpilih nantinya.

“Ini kan sudah berakhir pelaksanaannya. Kalau kemarin barangkali kita masih berbeda, sekarang harus bersama-sama.  Karena itu harus menerima dan mendukung. Saling merangkul demi kemajuan desa kedepan,” pungkasnya. (red) 

Artikel sebelumyaHanya KSB Kabupaten di NTB Tidak BAB Sembarangan
Artikel berikutnyaPolda NTB Bakal Tindak Penimbun dan Penjual Masker Harga Tinggi