PEMERINTAHAN

Wabup Sumbawa Tekankan Tiga Hal Penting

61
Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany

NUSRAMEDIA.COM — Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany membuka diseminasi hasil kegiatan penelitian yang diselenggarakan Bappeda, Selasa (2/11) di Aula H Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati setempat. Terdapat 7 hasil penelitian yang dilakukan oleh sejumlah Lembaga Penelitian, dan terbagi ke dalam 3 bidang penelitian. Yaitu bidang ekonomi, bidang kebudayaan dan bidang tata kelola pemerintahan.

Dalam kegiatan ini, Wabup menekankan 3 hal penting. Yakni kegiatan diseminasi hasil penelitian dihajatkan agar perangkat daerah terkait dapat memeriksa apakah kegiatan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengambilan kebijakan dan pembangunan daerah.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan iklim inovatif dan kritis di tengah masyarakat. Kemudian yang tidak kalah pentingnya, melalui kegiatan diseminasi ini diharapkan perangkat daerah terkait dapat menerima masukan, kritik dan saran terhadap potensi pemanfaatan hasil riset.

Baca Juga:  Gali Informasi, Pansus Berkunjung ke KLU

Sehingga anggaran publik untuk penelitian/ riset tidak menjadi belanja sia-sia tanpa manfaat selain menghasilkan setumpuk dokumen. Sebelumnya dalam laporan Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, yang diwakili Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Evaluasi, Aminuddin menyebutkan, kegiatan diseminasi hasil penelitian ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan hasil-hasil kegiatan penelitian.

Dimana dibiayai dari APBD dan APBD Perubahan Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2021 yang pelaksanaannya dilakukan melalui DPA Bappeda Sumbawa. Dikatakan Aminuddin, nilai anggaran setiap penelitian bervariasi, dengan total anggaran dalam APBD dan APBD Perubahan Tahun 2021 sebesar Rp. 565.000.000.

Baca Juga:  DPRD KLU Setujui RAPBD 2022

Adapun beberapa hasil penelitian yang didiseminasikan, seperti : “Pengembangan Ternak Ruminansia di Lahan Kering” oleh PILAR Sumbawa, “Pemanfaatan Limbah Kepala Ubur-Ubur sebagai Pupuk Cair untuk Peningkatan Produktivitas Lahan Kering” oleh Nusa Bina Lestari Institut, dan “Evaluasi Sistem Distribusi Benih dan Pupuk dalam Mendukung Ketersediaan dan Stabilitas Harga di Tingkat Petani” oleh Nusa Bina Lestari Institut. Ketiganya merupakan penelitian dalam bidang Ekonomi.

Dalam bidang Kebudayaan, terdiri dari 2 judul penelitian yaitu “Ketahanan Tradisi, Organisasi Ekonomi, dan Perubahan Pola Hidup Tau Samawa” oleh Sumbawa Literacy Institut, dan “Batulanteh dalam Pusaran Perubahan Sosial Budaya” oleh Pusat Studi Kebijakan dan Pembangunan.

Baca Juga:  Sumbawa Usulkan 833 Formasi P3K

Sementara dalam bidang Tata Kelola Pemerintahan, dilakukan oleh 2 lembaga penelitian yaitu Lembaga Analisis Studi Kebijakan dan Pemberdayaan dengan judul “Penyelamatan Anggaran Dana Desa dari Tindak Pidana Korupsi di Kabupaten Sumbawa”, dan Samawa Center dengan judul penelitian “Percepatan Implementasi SDG’s Desa melalui Desa Layak Anak”. Ketujuh hasil penelitian tersebut selanjutnya akan ditanggapi oleh perangkat daerah terkait atau pemangku kepentingan sesuai dengan tugas dan fungsinya. (red) 

Artikel sebelumyaKesiapan Listrik Ajang WSBK Dinyatakan Aman
Artikel berikutnyaHutang Pemprov NTB ke Rekanan Rp 118 Miliar Lebih