ADVERTORIAL

8 Sekolah Absen, 291 Peserta Ikuti OSN SMP/MTs Tingkat Kabupaten

263

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 291 peserta dipastikan berpartisipasi dalam Olimpaide SAINS Nasional SMP/MTs tingkat kabupaten tahun 2019. Mereka berasal dari 97 sekolah yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, sebelumnya berharap semua sekolah tahun ini mengikuti olimpiade yang melombakan tiga mata pelajaran tersebut, yakni Matematika, IPA dan IPS.

Namun, nyatanya dari 105 sekolah yang ada, hanya 97 sekolah yang mendaftar. Sementara 8 sekolah dipastikan absen, sebab sampai batas terakhir pendaftaran Senin (11/3) dan diperpanjang sampai Selasa (12/3), mereka belum juga memberikan konfirmasi bakal ikut.

“Karena tidak ada juga kabar dari mereka sampai hari ini (kemarin), bisa disimpulkan ada 8 sekolah yang tidak ikut tahun ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Bidang SMP, Shalahuddin, SH.

Ketidak ikutsertaan 8 sekolah ini ujar Kak Bho, sapaan akrabnya, dapat dimaklumi. Selain berada di pelosok, sekolah yang rata-rata bertatus SATAP itu, mungkin tidak memiliki pembina khusus untuk mata pelajaran SAINS, sehingga lebih memilih tidak ikut.

Baca Juga:  Sudah 600 Awardee Diberangkatkan Melalui Program Beasiswa NTB

“Kalau masalahnya itu, kita maklumi. Kalau sampai ada sekolah negeri yang tidak ikut, baru kita kecewa,” tandasnya.

Megenai persiapan olimpiade yang tahun ini di pusatkan di MTs Negeri 2 Sumbawa di Kecamatan Empang, pria bertubuh tambun ini mengatakan sudah 100% rampung.

Pertemuan dengan pengawas ruangan di Kecamatan Empang, juga sudah dilakukan. Begitu juga dengan panitia baik panitia penyelenggara dari Dinas Dikbus Sumbawa, maupun dengan panitia pelaksana di Kecamatan Empang.

Pertemuan antara panitia dari Dinas Dikbud dengan panitia pelaksana ini lebih menekankan pada persoalan penginapan bagi peserta yang dating dari kecamatan yang agak jauh.

“Untuk penginapan panitia sudah menyiapkan SD dan SMP yang dekat dengan MTsN 2 Sumbawa. Semua peserta yang nantinya menginap dijadwalkan Jum`at sore sudah tiba di Empang,” terangnya.

Baca Juga:  Gubernur NTB Ajukan 5 Buah Raperda

Untuk diketahui, OSN SMP/MTs tingkat kabupaten ini, digelar tanggal 16 Maret mendatang. Ada 15 ruang di MTsN 2 Sumbawa, yang digunakan peserta selama kegiatan berlangsung. Kegiatan belajar mengajar di MTs bersangkutan selama olimpiade berlangsung diliburkan.

Untuk menghindari kecurangan, pengawas ruangan yang bertugas nanti bukanlah guru dari mata pelajaran yang dilombakan. Pegawas ruangan ini diambil dari guru-guru yang ada di MTsN 2 Sumbawa.

Mengingat kegiatan ini tinggal beberapa hari lagi, Kak Bho, yang juga Ketua Purna Paskibraka Sumbawa ini berharap sekolah menyiapkan pesertanya dengan baik, agar nantinya mendapatkan haisl yang baik pula. Himbauan ini perlu ia sampaikan mengingat saat masuk ruangan nanti, tidak ada lagi yang bisa membantu selain soswa itu sendiri.

Lebih lanjut Kak Bho menegaskan, tidak semua siswa boleh ikut dalam olimpiade ini, terutama yang saat ini duduk di bangku kelas IX. Dinas Dikbud Sumbawa, tidak ingin konsentrasi mereka (siswa kelas IX) menjadi buyar menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN). “Yang boleh ikut itu, hanya siswa kelas VII dan VIII saja,” tandasnya.

Baca Juga:  Kadiskominfotik Tinjau Pelaksanaan SKD CPNS NTB

Mengenai soal dalam OSN nanti, masih sama seperti tahun lalu, langsung disiapkan oleh pusat. Soalnya masih berupa pilihan ganda dan esay. Yang membedakan tahun ini, tingkat kesulitan soalnya agak dinaikkan sedikit. Ini juga nantinya berlaku untuk tingkat provinsi dan nasional.

Dari hasil seleksi OSN SMP/MTs tingkat kabupaten ini, nantinya akan dipilih 9 siswa terbaik untuk tiap mapelnya, yang akan mewakili Kabupaten Sumbawa ke tingkat provinsi.

Untuk OSN tingkat provinsi ia mengaku belum mengetahui kapan digelar. Berdasarkan informasi yang beredar, kegiatan itu akan dilaksanakan sekitar bulan Mei 2019. (*)

Artikel sebelumyaGubernur NTB Kecam Aksi Brutal Teroris di Christchurch
Artikel berikutnyaIni Cara KPU Sumbawa Sosialisasikan Pemilu 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here