PENDIDIKAN

DPK NTB Hadirkan Mobil Feeling

74
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi NTB, Julmansyah.

MATARAM — Terus berinovasi, itulah yang dilakukan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah berhasil menggebrak dengan NTBelib atau perpustakaan digitalnya, kini DPK NTB kembali menghadirkan sesuatu yang baru.

DPK NTB dibawah kepemimpinan Julmansyah selaku Kepala Dinas selalu mampu menghadirkan hal segar.

Padahal, ia tergolong baru mejabat di dinas tersebut, yakni baru sekitar 4 bulan. Ide/gagasannya kini perlahan membawa DPK menuju kearah yang lebih baik.

Bahkan, berkat keuletannya serta kolaborasi kerja yang dikedepankannya, rencananya pada 2022 mendatang, akan membangun satu unit gedung perpustakaan baru.

Baca Juga:  Kadis Dikbud NTB: "Stop Bila Level 4, Diganti dengan Daring!"

Sedangkan anggarannya disupport oleh pihak pusat. Bagusnya lagi, gedung tersebut akan menjadi gedung perpustakaan modern.

Setelah berbagai hal, kini DKP NTB pun kembali memberikan suasana baru. Yaitu menghadirkan Mobil Feeling (Kafe Literasi Keliling).

Menurut dia, kehadiran Mobil Feeling adalah salah satu upaya mendekatkan pelayanan baca dan literatur kepada masyarakat.

Konsep yang digunakan modern yaitu gaya hidup milenial. Oleh karenanya, kaum milenial menjadi sasaran utama.

“Konsepnya kafe, tentu disiapkan free coffee (kopi gratis) untuk pembaca dewasa. Sebagai daya tarik pemustaka,” kata Julmansyah kepada NUSRAMEDIA, Rabu (25/8) di Mataram.

Baca Juga:  1.078 Maba IAIH NW Lotim Ikuti Master 2021

Sedangkan pembaca anak-anak, pihaknya mengaku sedang menyiapkan sesuatu yang pas untuk diberikan. “Untuk anak-anak sedang kami siapkan jenis yang tepat,” imbuhnya.

Diungkapkan Kepala DPK NTB ini, bahwa mobil feeling menyediakan ratusan judul buku dengan beragam disiplin ilmu.

Oleh karenanya, pria yang akrab disapa Jul ini berharap, agar inovasi yang dihadirkan pihaknya dapat merubah dan mendongkrak minat baca masyarakat NTB.

Lebih lanjut, Jul mengatakan, bahwa ada dua unit mobil feeling yang disiapkan. Dimana kedua mobil perpustakaan keliling ini rencananya akan dibagi pada dua titik.

Baca Juga:  TGH Patompo : "PTM Jauh Lebih Baik dari Daring"

“Satu di Pulau Lombok dan satunya lagi untuk (dihadirkan) di Pulau Sumbawa. (Operasionalisasinya) kami akan coba bicarakan dengan Dinas Arpusda di Pulau Sumbawa,” demikian Kepala DPK NTB. (red) 

Artikel sebelumyaGubernur NTB Siapkan Perlindungan Sosial Bagi Anak Yatim Piatu Terdampak COVID19
Artikel berikutnyaTGH MAHALLI FIKRI : “SELAMAT DAN SUKSES UNTUK TGB”