PENDIDIKAN

Hebat, SDN Kerato Wakili NTB di LSS Tingkat Nasional

91

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Usaha keras SDN Kerato, mempersiapkan diri dalam waktu hanya dua minggu dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat (LLS) tingkat provinsi, berbuah manis.

Sekolah yang dipimpin oleh Darmatasia, SPd ini, berhasil meraih juara pertama. Atas keberhasilannya ini, sekolah bersangkutan otomatis berhak mewakili NTB, di LSS tingkat nasional.

“Alhamdulillah, kerja keras seluruh elemen yang terlibat terbayar lunas,” kata Darmatasia. Setelah ditetapkan sebagai duta NTB, kini sekolahnya ujar Ibu Odek, sapaan akrabnya, tengah mempersiapkan diri menghadapi penilaian tingkat nasional.

Informasi tentang keberhasilan sekolahnya mewakili NTB ini, sudah disampaikan kepada paguyuban kelas.

Orang tua wali murid juga sudah diajak untuk berpartisipasi melengkapi sarana dan prasana yang menjadi penilaian kelak. Dukungan penuh pun lantas disuarakan orang tua wali murid.

Baca Juga:  341 Mahasiswa Poltekpar Lombok Diwisuda

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Kerato, termasuk komite. “Kapan penilaian tingkat nasional kita belum tahu. Tapi pembenahan sudah kita mulai dari sekarang,” ujarnya.

Pembenahan menurut mantan Kepala SDN Sering ini, harus dilakukan jauh-jauh hari, sebab sekolah sehat itu tidak instan. Sekolah sehat ini, harus lahir dari pembiasaan pola hidup sehat oleh selurh warga di lingkungan sekolah itu sendiri.

Lalu, apa saja yang menjadi fokus pembenahan, agar SDN Kerato dapat mengikuti jejak SDN Sering, meraih prestasi tingkat nasional ?

Baca Juga:  341 Mahasiswa Poltekpar Lombok Diwisuda

Fokus pembenahan sambung Ibu Odek, kini tertuju pada perbaikan ruang UKS dan melengkapi sarana prasanannya. Pengetahuan dokter kecil tentag seputar ilmu kesehatan juga ditambah. Untuk menambah ilmu pengetahuan dokter kecil ini, sekolah menjalin kerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Unter Iwes.

“Kantin sekolah juga kita perbaiki. Lingkungan sekolah kita bikin asri lagi. Kalau kamar mandi sudah tidak ada masalah. Jumlahnya sudah mencukupi kebutuhan seluruh warga sekolah. Tapi kami tetap mengharapkan bantuan untuk merehabnya, supaya terlihat lebih bagus lagi,” tandasnya.

Satu hal yang tidak dilupakan oleh SDN Kerato, adalah melakukan shearing ilmu dengan SDN Sering, yang tahun ini meraih juara III tingkat nasional dalam lomba yang sama. “Shearing ilmu dengan SDN Sering ini sangat penting, supaya kami dapat mengikuti jejak mereka meraih prestasi di tingkat nasional nanti,” kata Ibu Odek.

Baca Juga:  341 Mahasiswa Poltekpar Lombok Diwisuda

Untuk diketahui, dalam LSS tingkat provinsi, sebenarnya SDN 2 Mapin Kebak lah yang seharusnya dinilai oleh tim provinsi. Namun, karena sekolah bersangkutan terkena gempa, penilaian pun urung dilakukan.

Pemda Sumbawa melalui bagian Pemerintahan, akhirnya menunjuk SDN Kerato sebagai penggantinya. Di LSS tingkat kabupaten sendiri, SDN Kerato hanya meraih juara dua. Sementara juara pertama diraih oleh SDN 2 Mapin Kebak. (NM5)

Artikel sebelumyaDikbud Segera Perbaiki 5 Ruang Bocor di SMPN 5 Sumbawa
Artikel berikutnyaEstimasi JCH Sumbawa yang Berangkat Haji Tahun 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here