PENDIDIKAN

Kadis Dikbud NTB: “Stop Bila Level 4, Diganti dengan Daring!”

72
Kepala Dinas Dikbud NTB, H Aidy Furqan

NUSRAMEDIA.COM — Perlahan kondisi Nusa Tenggara Barat akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 atau kerap disebut COVID19 menunjukkan perubahan baik.

Bahkan di NTB kini sudah mulai memberlakukan pola pembelajaran tatap muka (PTM). Hanya saja, masih bersifat terbatas, dan belum secara penuh.

Hal itupun sudah diputuskan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB. Dimana SMA/SMK/SLB di Kabupaten/Kota melaksanakan PTM Terbatas.

Terlebih pada tahun ajaran ini, sebagaimana disampaikan H Aidy Furqan selaku Kadis Dikbud NTB, PTM Terbatas sudah dilakukan sejak Juli 2021 lalu.

Dalam pelaksanaannya, kata dia, berjalan cukup baik dan sesuai harapan. “Untuk tahun ajaran baru ini, PTM Terbatas mulai Juli 2021 sampai sekarang,” ujarnya kepada media ini, Kamis (16/9) di Mataram.

Untuk pola penerapannya, lanjut Kadis Dikbud ini, tetap menyesuaikan dengan status zona atau level ditiap wilayah Kabupaten/Kota lingkup Provinsi NTB.

“Bila level empat (4) atau zona merah, maka tatap muka distop diganti dengan daring (sistem online/dalam jaringan),” tegasnya.

Hingga saat ini, lanjut Aidy Furqan, PTM terbatas terus berlangsung. Bahkan belum ada sekolah yang distop. “Saat ini semua (sekolah terapkan) PTM terbatas. Belun ada yang stop,” katanya.

Disinggung, lantas bagaimana dengan Kota Mataram yang sempat berada dilevel yang cukup mengkhawatirkan hingga menerapkan PPKM Darurat?.

Dia menegaskan, kini kondisi sudah berbeda. Sebab, Kota Mataram mengalami perubahan yang signifikan. Artinya, kondisi di Ibu Kota Provinsi NTB sudah mulai membaik.

Sehingga PTM Terbatas diberlakukan. Meski keadaan atau kondisi akibat pandemi di NTB menuai perubahan dan terbilang cukup baik, ia lantas mengingatkan kepada sekolah agar tetap tidak abai dengan protokol kesehatan.

Menurut dia, prokes menjadi penting. Karenanya, wajib tetap diperketat dan disiplin sebagai upaya dalam mengantisipasi serta menekan laju penyebaran COVID19 di NTB. (red) 

Artikel sebelumyaLegislator NTB Dorong Lanal Mataram Naik Type A
Artikel berikutnyaWagub Sebut Kata-Kata Gubernur NTB Menggetarkan Jiwa