ADVERTORIAL

Kadis Dikbud Sumbawa Buka OSN Tingkat SD

418

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Sumbawa mulai dibuka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril S.Pd., M.Pd., saat membuka OSN SD di SDN 2 Sumbawa Besar, Senin (4/3).

Giat ini merupakan tahapan Pra Tes OSN SD yang di buka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril.

OSN tahun 2019, terlaksana tepatnya di SD Negeri 2 Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa – Nusa Tenggara Barat.

Dikesempatan itu, Kadis Dikbud setempat, H Sahril dalam arahannya menyampaikan bahwa investasi Sumber Daya Manusia (SDM) akan terlihat dampaknya dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun mendatang.

Maka dari itu lanjutnya, bidang pendidikan menjadi faktor dominan yang akan menentukan arah sebuah perubahan kedepan.

Baca Juga:  1.078 Maba IAIH NW Lotim Ikuti Master 2021

“OSN menjadi salah satu indikator mutu yang dianut secara nasional pada setiap jenjang pendidikan,” kata Kadis Dikbud, Senin (4/3).

“Kita harapkan juga, kompetisi tahun ini diselenggarakan dengan mengedepankan sportivitas, kejujuran sehingga dapat memperoleh potret mutu secara orisnil,” tambah Haji Sahril.

Kemudian bagi para peserta/siswa lebih jauh dikatakan mantan Kepala DPMPTSP Sumbawa ini, diharapkan pula agar mengikuti tahapan seleksi ini dengan suasana hati yang menyenangkan dan tenang.

“Karena kompetisi apapun harus mengedepankan atmosfir yang menyenangkan dan ketenangan, terutama bagi anak. Sehingga anak-anak bisa melakoni setiap kompetisi atau kegiatan dengan baik dan nyaman,” demikian Haji Sahril.

Baca Juga:  NTB dapat Bantuan MPK dari Perpusnas RI

Sementara itu, Ketua Panitia OSN SD, Junaidi dalam laporannya menerangkan, bahwa seleksi yang dilakukan pada hari ini adalah pra tes yang akan memilih 30 siswa untuk tiap mata pelajaran IPA dan Matematika.

Dimana nantinya yang kemudian mereka akan di ikut sertakan dalam seleksi tingkat Kabupaten Sumbawa pada tanggal 18 Maret 2019 mendatang.

“Peserta prates yang ikut saat ini berjumlah 72 orang tiap mata pelajaran, terdiri dari perwakilan 24 kecamatan dengan kuota masing-masing kecamatan 3 orang per mata pelajaran,” terang pria yang akrab disapa Jun ini.

Baca Juga:  Kadis Dikbud NTB: "Stop Bila Level 4, Diganti dengan Daring!"

Disamping untuk kepentingan seleksi siswa lebih jauh diungkapkan Junaidi yang juga Kabid Pembinaan SD Dinas Dikbud Sumbawa ini, dimana OSN kali ini juga dihajatkan untuk pemetaan mutu sebaran prestasi OSN di Kabupaten Sumbawa.

“Kita hajatkan juga sebagai pemetaan mutu sebaran prestasi di Kabupaten Sumbawa (OSN). Kemudian dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam pembinaan selanjutnya,” pungkasnya. (*)

Artikel sebelumyaKPU Sumbawa Lakukan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara
Artikel berikutnyaKabar Duka, Kasat Pol PP Damkar KLU Meninggal Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here