PENDIDIKAN

Masyarakat Sumbawa Segera Nikmati Layanan POCADI di Taman Mangga

52
Kepala Dispussip Kabupaten Sumbawa, H Sahril

NUSRAMEDIA.COM — Nampaknya masyarakat Sumbawa akan semakin mudah mengakses jendela pengetahuan. Karena Pemkab Sumbawa melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) setempat telah menyiapkan Pojok Baca Digital (POCADI). Saat ini, POCADI yang dibangun di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Mangga Sumbawa tersebut, dalam proses pengerjaan.

Pemanfaatannya sendiri ditargetkan pada pertengahan Desember mendatang. “Insya Allah Pojok Baca Digital ini sudah bisa dimanfaatkan dipertengahan Desember nanti oleh masyarakat,” ungkap Kepala Dispussip Sumbawa, Sahril kepada wartawan di Sumbawa.

Baca Juga:  Kalangan Milenial Buru Beasiswa NTB

Dijelaskannya, POCADI merupakan ruang baca yang disiapkan bagi masyarakat dalam membaca. Baik membaca buku secara fisik maupun elektronik. Sehingga keberadaannya diharapkan dapat menggeliatkan masyarakat dalam hal mencari pengetahuan lebih luas lagi. Selain itu, dipilihnya RTH Taman Mangga sebagai lokasi POCADI juga agar memudahkan jangkauan masyarakat. Lokasi ini dinilai strategis, sebab berada di tengah kota.

Selain itu juga, kerap dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat dari berbagai kalangan. Nantinya, akan disediakan ruangan khusus ber-AC. Kemudian dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti komputer disertai dengan koneksi internet yang bisa diakses secara gratis. “Masyarakat nanti bisa berselancar mencari ilmu pengetahuan melalui dunia digital di POCADI Dispussip Sumbawa,” kata Sahril.

Baca Juga:  Dukung Pariwisata NTB, Poltekpar Lombok Sasar Lima Lokasi

“Ini sebagai bentuk layanan publik kita,” tambah mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa ini. POCADI ini merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional. Untuk itu ia berharap, Pemerintah Daerah juga dapat membangun hal yang sama di lokasi lainnya. “Ini bantuan stimulan dari Perpustakaan Nasional. Kita harapkan Pemerintah Daerah mereplikasi pojok-pojok digital di lokasi lainnya,” pungkasnya. (red) 

Artikel sebelumyaDPRD Sumbawa Pastikan Tenaga P3K Sudah Ditetapkan
Artikel berikutnyaSepakat, Pemprov dan DPRD Teken KUA-PPAS APBD NTB 2022