NASIONAL

Poltekpar Lombok Jadi Tuan Rumah Rakernas PTNP

BAHAS RENCANA STRATEGIS

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK TENGAH — Politeknik Pariwisata Negeri (Poltekpar) Lombok kembali menjadi tuan rumah untuk kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) seluruh Indonesia di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari di Hotel Katamaran, Senggigi, Lombok Barat, Kamis (8/10) hingga Sabtu (10/10). Para peserta disambut oleh Civitas Poltekpar Lombok, mahasiswa dari masing-masing program studi.

Rakernas PTNP dibuka oleh Ketua Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenparekraf, Dr Anggara Hayun Anujuprana, dihadiri Koordinator Bidang Pemgembangan SDM PTNP, Sri Susiati SH, Direktur Poltekpar Lombok, Dr H Hamsu Hanafi dan para pejabat di 5 PTNP Seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Sumbawa Dapat Bantuan 31.410 Kg Benih Jagung

Pemaparan kemudian disampaikan oleh para Narsumber dari masing-masing PTNP dan Pusbang SDM Kemenparekraf. Pembahasan utama adalah mengenai 3 hal yaitu penetapan Rencana Strategis (Renstra) PTNP, Kajian Promosi PTNP dan Kajian Program Studi.

Ketua Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenparekraf, Dr Anggara Hayun Anujuprana mengatakan, Renstra merupakan hal penting yang harus disiapakan oleh PTNP untuk mendukung perencanaan pembangunan dan pengembangan SDM untuk mencetak insan Pariwisata unggul dan berdaya saing.

“Kajian promosi PTNP bertujuan untuk menentukan strategi promosi memperkenalkan PTNP kepada masyarakat guna mengenal lebih dekat PTNP dari berbagai media dengan sasaran utama generasi milenial,” katanya.

Baca Juga:  Desak Food Estate Gunung Mas Dihentikan, Johan Rosihan : "Buang-Buang Anggaran"

Sedangkan kajian program studi untuk melakukan review prodi-prodi yang sudah ada sesuai dengan kebutuhan Dunia Kepariwisataan sehingga dapat memfomulasikan kembali program studi yang ada.

Dalam kegiatan tersebut, komitmen para perwakilan PTNP ini ditunjukkan dengan adanya penandatanganan Berita Acara hasil Rakernas dari 6 PTNP dan Ketua Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenparekraf/Baparekraf Dr Anggara Hayun Anujuprana.

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Poltekpar Lombok, Dr H Hamsu Hanafi menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kemenparekraf yang telah memilih Lombok sebagai lokasi Rakernas tahun ini.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Kucurkan Rp1,8 Miliar

Hamsu berharap Rakernas yang digelar dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan pendidikan di sektor kepariwisataan. Khususnya di PTNP di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf. (red)