PENDIDIKAN

Siswa SMP Dea Malela dari Rusia Sabet Juara Tingkat Provinsi NTB

141
Keterangan Foto (mulai dari kiri) : Kepala SMP Dea Malela, Rony Abdi Sabwan, Ramzan-Siswa Kelas VII SMP Dea Malela, Anggota DPRD NTB Dapil V Sumbawa-KSB-H Asaat Abdullah dan Akhmit adik dari Ramzan.

NUSRAMEDIA.COM — Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Internasional Dea Malela dari Rusia. Pada Lomba Bercerita Dalam Bahasa Indonesia bagi Siswa BIPA yang diselenggarakan Kantor Bahasa NTB, Ramzan Siswa Kelas VII SMP Dea Malela berhasil keluar sebagai juara harapan II.

Lomba itu diikuti oleh sejumlah siswa SMP se-Nusa Tenggara Barat. Adapun tema yang diangkat melalui lomba ini yaitu, “Bahasa dan Budaya”. Disini Ramzan bercerita tentang “Barapan Kebo” (Balapan kerbau) dan “Aina-Aida” (Kata-kata yang sangat kental digunakan dalam berinteraksi pada saat berbahasa Sumbawa).

Kepala SMP Internasional Dea Malela, Roni Abdi Sabwan menerangkan, lomba itu berlangsung pada 15 November 2021. “Diumumkan langsung juga hari ini juaranya,” katanya, Senin (15/11) di Mataram. Dia mengaku bersyukur anak didiknya mampu meraih juara. Meski hanya juara harapan II, menurutnya, prestasi yang diraih Ramzan sudah sangat luar biasa.

Bahkan ia menilai, Ramzan adalah siswa yang cerdas. Karena dalam waktu yang terbilang singkat, bule ganteng itu berhasil lancar berbahasa Indonesia dan berbaur dengan siswa lokal lainnya. “Awalnya kita taruh dikelas eksklusif. Kemudian kita taruh lagi dikelas reguler untuk berbaur dengan siswa lokal lainnya,” ungkap Kepsek.

Baca Juga:  Bang Zul : "Investasi Dunia Pendidikan"

“Nah, selama lima bulan bergaul dan bercerita, ternyata bisa lancar berbahasa Indonesia,” imbuh Roni Abdi Sabwan. Sedangkan Ramzan saat diwawancarai awak media, mengaku senang dapat meraih juara meski hanya mampu berada diposisi kedua.

Dia juga menyatakan, bahwa perolehan juaran kali ini merupakan raihan prestasi yang baru pertama kali dicapainya. Oleh karenanya, bule ganteng itu menegaskan, capaian ini akan dijadikannya sebuah motivasi untuk lebih baik lagi kedepannya. “Senang bisa dapat juara. Akan jadi motivasi,” kata Ramzan yang juga didampingi adiknya yang bernama Akhmit.

Ditanyai mengapa memilih sekolah di Dea Malela? Ia menjawab dengan tenang megaku ingin belajar bahasa arab dan Indonesia. Ramzan juga mengaku sangat senang bisa berbahasa Indonesia dan mengenal kebudayaan di Sumbawa.

Baca Juga:  Dukung Pariwisata NTB, Poltekpar Lombok Sasar Lima Lokasi

DISAMBUT HANGAT DAN DIBERIKAN HADIAH OLEH ASAAT ABDULLAH

Untuk diketahui, Ramzan dan Akhmit didampingi oleh Kepala Sekolahnya sempat bersilaturahim ke DPRD Provinsi NTB. Disini kedatangan mereka disambut hangat oleh H Asaat Abdullah yang tak lain Anggota DPRD NTB asal Dapil V Sumbawa-KSB diruangan Komisi IV.

Tak hanya penyambutan yang hangat penuh kekeluargaan, atas prestasi yang diraih siswa SMP Dea Malela itu Asaat juga memberikan hadiah berupa sejumlah uang sebagai motivasi. Politisi NasDem itu mengaku sangat bangga dan bersyukur atas raihan prestasi yang dicapai Ramzan. “Saya sebagai wakilnya (wakil rakyat Sumbawa di Udayana) turut merasa bangga. Alhamdulillah,” ucap Asaat Abdullah.

“Dan saya sangat senang juga, Bahasa Indonesia diminati oleh orang asing dan bahkan mau belajar ke Sumbawa. Ini luar biasa,” tambahnya lagi. Meski demikian, Pimpinan Komisi IV DPRD itu berharap, agar apa yang diraih oleh Ramzan dapat dijadikan motivasi bagi siswa lainnya, khususnya dilingkup Sekolah Dea Malela.

Baca Juga:  Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Dimaksimalkan

Begitupun kepada Ramzan, ia berpesan agar apa yang diraih saat ini jangan mudah terpuaskan. Justru, kata Haji Saat, prestasi ini dapat dijadikan mptivasi untuk lebih baik lagi dalam meraih segudang prestasi kedepannya. “Tentu kita harap, prestasi yang diraih ini bisa memotivasi siswa lainnya dalam berlomba-lomba meraih prestasi. Begitu juga kepada Ramzan, jangan cepat puas, jadikan ini motivasi supaya bisa lebih baik lagi dimasa mendatang,” demikian pesan H Asaat Abdullah.

Tak lupa dikesempatan itu juga, Kepala SMP Dea Malela juga mengucapkan terimakasih atas penyambutan dan perhatian nyata Asaat Abdullah terhadap anak didiknya. “Terimakasih kepada Pak Haji Asaat Abdullah selaku Dewan dari Dapil Sumbawa yang telah perhatian dan mensupport kami secara nyata,” celetuk Roni Abdi Sabwan. (red) 

Artikel sebelumyaLFC Tampil Perkasa Lawan Hamzanwadi
Artikel berikutnyaSumbawa Nol Kasus COVID19