PENDIDIKAN

SLBN 1 Sumbawa Ditunjuk Jadi Percontohan Sekolah Bersih dan Sehat

147

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Sitti Rohmi Djalilah melaunching Program Sekolah Bersih dan Sehat, Kamis (5/3).

Namun, bukan sekolah biasa yang menjadi tempat yang dijadikan contoh sekolah bersih dan sehat tersebut.

Melainkan di Sekolah Luar Biasa yakni Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Sekolah ini dipilih untuk membuktikan bahwa keterbatasan seseorang bukan jadi penghalang bagi masyarakat.

Khususnya siswa-siswi yang berkebutuhan khusus untuk ikut serta dalam melaksanakan program-program Pemerintah Provinsi ini.

Salah seorang siswa berkebutuhan khusus, Yudi yang kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuhnya.

Ia justru mampu memungut sampah, memilah kemudian membuangnya di tempat yang sudah disediakan.

“Kita diperlihatkan apa yang mereka lakukan itu betul-betul menampar kita, anak-anak kita yang dalam tanda kutip berkebutuhan khusus saja bisa menampilkan sesuatu, mengekspresikan sesuatu, menunjukkan kepada kita seperti itu, apalagi kita yang normal,” ungkap Wakil Gubernur.

Baca Juga:  NTB dapat Bantuan MPK dari Perpusnas RI

Sekolah bersih dan sehat lanjutnya, menjadi salah satu instrumen dari visi-misi NTB Gemilang.

Orang nomor dua di NTB itu mengatakan bahwa sekolah bersih dan sehat juga sebagai bagian dari ikhtiar menuju NTB Sehat.

“Tugas untuk menjadikan NTB bersih dan sehat bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah saja, masyarakat juga memiliki peran dalam mewujudkan NTB Bersih dan Sehat,” ucapnya.

“Memelihara alam, memelihara lingkungan adalah tugas orang lain, tugas pemerintah saja, atau tugas orang-orang tertentu, bukan, itu tugas kita semua,” terang Hj Rohmi.

Baca Juga:  TGH Patompo : "PTM Jauh Lebih Baik dari Daring"

Ia meminta kepada masyarakat untuk terus menjaga alam dan lingkungan sekitar agar kebersihan dan keindahan alam dapat dinikmati.

Keindahan dan kebersihan alam serta lingkungan menjadi salah satu perhatian pemerintah provinsi.

Ini mengingat NTB adalah salah satu provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya dan menjadi salah satu referensi pariwisata dunia.

“Kita ingin sungguh-sungguh berbuat untuk alam dan lingkungan kita, maka dari itu ada program NTB Bersih dan NTB Hijau, atau dalam kata kerennya adalah Zero Waste, dan Alhamdulillah virus Zero Waste sudah tersebar,” tutur Wagub.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lingkungan-lingkungan dan sekolah-sekolah yang menjalankan program zero waste di tempatnya masing-masing sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan misi NTB Bersih dan Hijau.

Baca Juga:  1.078 Maba IAIH NW Lotim Ikuti Master 2021

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Aidy Furqon mengatakan SLBN 1 Sumbawa dipilih menjadi salah satu instrumen dalam program ini.

Karena sekolah ini merupakan salah satu lembaga formal pendidikan. Namun juga memberikan pendidikan khusus keterampilan kepada siswa-siswi yang berkebutuhan khusus untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka.

“Sekolah merupakan tempat memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk bertahan hidup di kemudian hari,” ucapnya.

“Pemahaman dan pengenalan mendetail mengenai lingkungan dapat diperoleh anak melalui pendidikan di sekolah,” demikian ia menambahkan.

Untuk diketahui, dikesempatan itu turut pula hadir mendampingi Wagub NTB yaitu Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah. Nampak suasana begitu akrab dan hangat penuh kebersamaan. (red) 

Artikel sebelumyaDenda Rp 50 Miliar, Penimbun Masker Dijerat 5 Tahun Penjara
Artikel berikutnyaTerseret Air Irigasi, Seorang Bocah di Sumbawa Meninggal Dunia