PENDIDIKAN

SMPN 1 UI Jalin Kerjasama Dengan BNN Sumbawa

264

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Filosopi inilah yang menjadi pegangan kuat SMP Negeri 1 Unter Iwes, menjalin kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa, demi menciptakan lingkungan sekolah mereka bebas dari Narkoba.

Kerjasama yang dilakukan ini dalam bentuk melakukan tes urine terhadap siswa di sekolah bersangkutan. “(tes urine siswa) sudah kami lakukan bersama BNN. Nanti, semua kelas diambil sampelnya. Tes urine akan dilakukan secara mendadak,” ungkap Kepala SMP Negeri 1 Unter Iwes, Drs Tamrin Kamis 6 Desember 2018.

Untuk langkah awal kata dia, sasaran dari kerjasama ini sementara waktu masih difokuskan kepada siswa. Ini dilakukan karena sekarang ini banyak fenomena ditemukan pelajar kedapatan mengkonsumsi obat-obatan terlarang di luar lingkungan sekolah.Tentu selaku kepala sekolah, Tamrin, tak ingin fenomena tersebut juga menjangkiti anak didiknya.

Ia menegaskan, jalinan kerjasama yang dilakukan dengan BNN, bukan berarti barang haram (narkoba) ada di lingkungan sekolahnya. Apa yang dilakukan pihaknya ini, sebagai salah satu upaya mengantisipasi dan pencegahan awal.

“Sejauh ini sih, belum ada siswa kita yang kedapatan pernah mengkonsumsi Narkoba. Kita berharap itu tidak ada di sini,” harapnya.

Selain menjalin kerjasama dengan BNN, sinergitas dengan orang tua wali murid pun terus dilakukan. Menurut mantan Kepala SMPN 2 Unter Iwes ini, peran orang tua untuk menghindarkan anak-anak mereka dari bahaya narkoba, juga memegang peranan penting.

Mengingat sekolah juga punya keterbatasan waktu untuk terus melakukan pengawasan. “Siswa ini kan hanya beberapa jam ada di sekolah. Mereka lebih banyak di rumah. Saat mereka berada di lingkungan keluargalah, konstribusi orang tua untuk ikut memberikan pencerahan terhadap bahaya Narkoba sangat diperlukan,” tandasnya.

Untuk mencegah masuknya Narkoba ini, pihak sekolah lanjutnya, terkadang juga melakukan razia mendadak terhadap tas bawaan seluruh siswa. “Insya Allah, ke depan selain siswa, kerjasama dengan BNN ini akan kita tujukan juga buat guru dan pegawai di SMPN 1 UI,” tegasnya. (NM5)

Artikel sebelumyaMTsN 1 Sumbawa Apresiasi Upaya Kemenag
Artikel berikutnyaBupati Sumbawa Lepas 406 Kontingen Porprov NTB X 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here