PERISTIWA

Didampingi Kalak BPBD NTB, Najmul Akhyar Pimpin Rakor Percepatan Rehab Rekon

155

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA – Dalam rangka meningkatkan semua proses percepatan pembangunan rumah warga pascagempa di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Jum’at (12/4) kemarin, telah dilaksanakan Rakor Percepatan Rehab Rekon di Lesehan Sasak Narmada, Tanjung.

Rakor itu dipimpin langsung oleh Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar serta didampingi langsung oleh Kalak BPBD NTB, H Mohammad Rum, Kalak BPBD Lombok Utara, Muhadi.

Turut pula hadir dikesempatan itu, Kapolsek Se-Kabupaten Lombok Utara, para Camat, Danramil, PUPR, Tim Pendamping sekaligus melibatkan pihak Bank BRI.

Baca Juga:  Waspada! Potensi Hujan Lebat di NTB datang Lebih Cepat

Saat membuka rapat, Bupati Najmul memberikan langkah-langkah yang akan dilakukan kedepan untuk percepatan pembangunan rumah warga pasca gempa.

Antara lainnya, menerapkan pola yang sukses dilakukan Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Barat dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk membangun rumah secara mandiri.

Kemudian, membentuk tim khusus yang bertugas untuk memverifikasi rumah warga yang sudah terbangun secara mandiri, menerapkan diskresi yang di berikan Kepala BPBD NTB dan segera mencairkan dana yang masuk kerekening masyarakat dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan.

Baca Juga:  Waspada! Potensi Hujan Lebat di NTB datang Lebih Cepat

Bupati menjelaskan bahwa, pola membangun rumah secara mandiri tersebut sangat membantu dalam percepatan rehab rekon.

Karena masyarakat diberikan kebebasan untuk membangun sendiri rumahnya dengan tetap memperhatikan standar Rumah Tahan Gempa (RTG).

Rumah yang sudah terbangun dengan dana sendiri itu, kemudian di verifikasi oleh tim khusus yang nantinya akan dibentuk oleh BPBD Kabupaten.

Kemudian dilihat kelayakan apakah memenuhi standar RTG atau tidak. Setelah itu, tim verifikasi akan menentukan nilai yang harus diganti berdasarkan kategori kerusakan dengan menunjukkan bukti transaksi yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan rumah warga tersebut.

Baca Juga:  Waspada! Potensi Hujan Lebat di NTB datang Lebih Cepat

“Saya banyangkan pak, kalau kita bisa melakukan ini, maka akan banyak sekali masyarakat yang membangun sendiri rumahnya,” tutur Bupati.

Sekedar informasi, dikesempatan ini semua pihak terkait mendengar langsung laporan dari para camat terkait progres pembangunan dan kendala-kendala apa yang dihadapi di tiap wilayah.

Sehingga permasalahan – permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat bisa ditampung dan di carikan solusinya secara bersama melalui rakor tersebut. (NM2)

Artikel sebelumyaBupati Buka Rakor Kewaspadaan Dini 2019
Artikel berikutnyaKetua DPW PKB Ajak Warga NTB Sukseskan Pemilu 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here