POLITIK

NR Prihatin dengan Kondisi Hutan NTB

269

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Selain soal kemiskinan, pemulihan NTB pasca gempa. Ternyata masih ada beberapa ‘PR’ lainnya yang harus diperhatikan oleh pemerintah yakni dibidang lingkungan, terutama dalam menjaga kelestarian hutan.

Salah satu foto yang diabadikan Nurdin Ranggabarani terkait kondisi hutan dan gunung di NTB, khususnya di Pulau Sumbawa. Foto ini diunggah langsung di akun FB milik Nurdin Ranggabarani. (Dok : Sumber FB Nurdin Ranggabarani)

Pimpinan Komisi IV DPRD NTB, H Nurdin Ranggabarani menyoroti soal kelestarian hutan maupun pegunungan yang ada di pulau Sumbawa. Ia mengaku prihatin dengan kondisi hutan NTB, khususnya di Pulau Sumbawa.

Ia mendapati sewaktu melakukan perjalanan dari Sumbawa menuju Dompu dan Bima pembakaran lahan yang masuk area kawasan hutan menjadi pemandangan kurang sedap dipandang mata.

Hutan dan gunung disana (Pulau Sumbawa, Red) kata pria yang juga mencalonkan diri sebagai Caleg DPR-RI Dapil NTB 1 asal PPP ini, habis terbakar. Diprediksikannya, hal tersebut dilakukan dengan sengaja oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga:  Ali Minta Do'a Restu Para Tokoh di NTB

Hal itu tak lain, demi meraup keuntungan tanpa memikirkan dampak ataupun akibat dari perbuatan rakus oknum tak bertanggungjawab. “Hutan dan gunung-gunung kita habis terbakar, dan hal tersebut dilakukan dengan sengaja,” ujarnya kepada www.nusramedia.com, Ahad 21 Oktober 2018.

Menurutnya, persoalan ini adalah salah satu PR mendesak Pemprov NTB bagaimana dalam menjaga kelestarian dan fungsi hutan. Sebab, sejak kewenangan bidang kehutanan ini berada ditangan Pemprov. Kondisi kebakaran marak terjadi di berbagai lokasi.

Baca Juga:  PDIP KSB Fokus Tambah Kursi
Salah satu foto yang diabadikan Nurdin Ranggabarani terkait kondisi hutan dan gunung di NTB, khususnya di Pulau Sumbawa. Foto ini diunggah langsung di akun FB milik Nurdin Ranggabarani. (Dok : Sumber FB Nurdin Ranggabarani)

Suatu saat lanjut pria yang akrab disapa NR, hal ini akan menjadi salah satu potensi pemicu bencana yang sangat mengkhawatirkan. Karena sejatinya, apa yang dilakukan dengan sengaja maupun sadar telah mengundang bencana.

“Bukan Cuma sekedar sengaja dan sadar mengundang bencana, tapi ini namanya kita sedang menantang bencana yang lebih besar. Bisa dikatakan NTB saat ini darurat kerusakan hutan,” tuturnya.

“Persoalan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. jangan sampai hal-hal dikemudian hari yang tidak kita inginkan terjadi. Perlu diperhatikan hal ini (kerusakan hutan dan gunung di Pulau Sumbawa),” demikian Nurdin Ranggabarani menambahkan.

Baca Juga:  PDIP KSB Fokus Tambah Kursi

Untuk diketahui, Nurdin Ranggabarani adalah politisi PPP yang dikenal vocal yang kini menjabat sebagai Pimpinan Komisi IV sekaligus Fraksi PPP DPRD NTB.

Selain itu pula, ia merupakan Caleg dari PPP Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa ikut bertarung pada Pileg 2019 mendatang untuk DPR-RI.

Ia juga menegaskan akan mewakafkan diri sekaligus memperjuangkan demi kemajuan Pulau Sumbawa dipentas nasional. (NM1)

Artikel sebelumyaKlasemen Sementara MotoGP Usai GP Jepang 2018
Artikel berikutnyaRS Provinsi di Kota Bima Bakal Dibangun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here