POLITIK

PDIP NTB : Rakerda Bukan Ranahnya untuk Memutuskan Pilkada

563

“Dihadiri Husni Djibril, Rakerda I PDIP Berlangsung Lancar Penuh Kekeluargaan”

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTB, H Lalu Budi Suryata, menepis adanya isu/hembusan kabar bahwa dalam agenda kegiatan Rakerda I PDIP, Sabtu (7/3) kemarin di Mataram telah menetapkan pasangan calon untuk Pilkada Sumbawa yaitu HM Husni Djibril dan H Muhammad Ikhsan (Husni-Ikhsan).

“Perlu saya luruskan bahwa rakerda bukan ranahnya untuk memutuskan Pilkada. Apalagi berbicara tentang SK. Terkait pilkada, finalisasi keputusan ada di tangan DPP partai,” ujarnya menjawab NUSRAMEDIA, Ahad pagi (8/3) tadi.

Masih ditegaskan Ketua Fraksi Bintang Perjuangan Nurani Rakyat (BPNR) DPRD NTB itu, rakerda tidak dihajatkan untuk menetap utusan calon untuk Pilkada. Melainkan, sebagai sarana konsolidasi partai menuju partai yang solid dengan kader-kader partai yang loyal memiliki daya juanh yang penuh keihklasan.

Disamping itu pula sambung mantan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa itu, rakerda adalah sarana pendidikan politik bagi kader partai. “Karena 80 persen agenda rakerda berisi pendidikan kader,” tegas pria yang kerap disapa dengan panggilan LBS itu.

“Intinya, Rakerda tidak bicara SK. Rakerda bicara tentang pendidikan politik bagi kader partai yang ada di tiga pilar partai. Yaitu, struktur partai, eksekutif dan legislatif. Sehingga bagaimana tiga pilar partai ini bisa bersinergi dalam rangka menjadikan partai lebih solit dengan kader partai yang disiplin, lebih loyal dan ikhlas dalam berjuang membesarkan partai,” tambahnya lagi.

Baca Juga:  Seluruh Kader Gerindra Lotara Diminta Fokus Kawal Joda Akbar

Penegasan yang disampaikan Sekretaris DPD PDIP NTB itu menyikapi terkait maraknya informasi yang beredar di sosial media. Dimana dikatakan, bahwa dalam rakerda kemarin telah menetapkan pasangan calon yaitu Husni-Ikhsan.

Informasi yang diunggah itu mendapat tanggapan yang beragam. Tak sedikit pihak juga menyambut positif. Nampaknya masyarakat kini sudah mulai lebih bijak dalam menyikapi dinamika politik, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sempat beredarnya foto HM Husni Djibril selaku Bupati Sumbawa menuai penasaran public. Pada foto itu, HM Husni Djibril nampak hadir pada agenda kegiatan PDI Perjuangan yang terlaksana tepatnya di Kantor DPD PDIP NTB, kemarin.

Bupati Husni dalam foto itu terlihat sedang bersama Ketua DPD PDIP NTB. Dengan adanya foto itu, tentunya menjadi kabar baik untuk diketahui masyarakat. Dimana polemic yang sempat mencuat di internal PDIP NTB kini terpatahkan sudah. Diketahui pula HM Husni Djibril adalah kader gaek PDIP NTB.

Baca Juga:  Berbagai Isu Sempat Menerpa, Zul-Rohmi Justru Semakin Solid

Sebelumnya, Budi Suryata yang dikonfirmasi juga membenarkan adanya kehadiran HM Husni Djibril. Dia menerangkan, bahwa kehadiran HM Husni Djibril tidak lain dalam rangka menghadiri agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I PDI Perjuangan.

“Haji Husni kami undang sebagai kepala daerah dan beliau juga adalah fungsionaris DPD PDIP provinsi NTB,” ungkapnya. “Alhamdulillah, Rakerda berjalan dengan aman, damai dan penuh kekeluargaan,” imbuh pria yang kerap disapa Haji Budi itu.

Selain dihadiri oleh Ketua DPD PDIP NTB, H Rachmat Hidayat lanjut Budi Suryata, adapun pihak DPP Partai yang hadir dikesempatan itu. Yakni sebutnya, dia adalah Dr Ahmad Basarah. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI itu membuka secara langsung agenda tersebut.

Dikesempatan itu pula, Ahmad Basarah sebagaimana dikutip oleh Budi Suryata, menyampaikan beberapa penekanan penting. Pertama, terkait soliditas, solidaritas dan kegotong royongan partai. Kader pinta Basarah, harus memiliki disiplin tinggi.

“Tidak itu saja, beliau juga menekankan pentingnya para kader memiliki loyalitas yang tinggi terhadap partai serta memiliki etos kerja tinggi dan ikhlas,” kutip pria yang juga kerap disapa dengan panggilan LBS itu. “Jadi itu tadi beberapa penekanan penting yang beliau sampaikan kepada para kader melalui agenda rakerda tadi (kemarin),” tambahnya lagi.

Baca Juga:  Wagub Sebut Kata-Kata Gubernur NTB Menggetarkan Jiwa

Lebih lanjut dikatakan Ketua Fraksi Bintang Perjuangan Nurani Rakyat (BPNR) DPRD NTB itu, bahwa setelah pembukaan kegiatan, juga dilanjutkan dengan pembekalan berbagai macam materi.

“Rakerda ini juga ditutup langsung oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan yaitu Ir Hasto Kristianto. Selain soal disiplin, beliau dikesempatan itu juga menekankan kepada kami bagaimana dapat mengembangkan dalam jiwa untuk perduli kepada lingkungan hidup,” kata Budi Suryata.

“Maka dari itu, beliau mendorong kami agar gencar melakukan gerakkan menanam pohon. Termasuk memanfaatkan halaman rumah untuk menanam sayur-sayuran dan obat-obatan,” sambung mantan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa itu.

Lebih jauh diungkapkan pria yang duduk di Komisi V DPRD NTB, bahwa Rakerda dihadiri oleh lima utusan dari 10 kabupaten/kota di NTB. Kemudian fraksi partai yang duduk di DPRD Kabupaten maupun di Provinsi.

“Begitu juga seluruh pengurus DPD PDIP NTB juga hadir dikesempatan ini. Intinya agenda kegiatan ini berjalan baik dan lancar sesuai seperti yang diharapkan,” demikian HL Budi Suryata. (red) 

Artikel sebelumyaDPRD NTB : Satpol PP Harus Bersikap Profesional dan Humanis
Artikel berikutnyaTanggapi Penolakkan Kapal Pesiar, Zul : Jangan Karena Corona Menghilangkan Kejernihan Kita