SOSMAS

Akan Salur Ribuan Telur Segar

64

MATARAM — Setelah sempat menyalurkan bantuan sembako selama satu bulan lebih bagi kelompok masyarakat kurang mampu, Yayasan HBK PEDULI akan kembali menggelar aksi sosial kemanusiaan di Pulau Lombok.

Rencananya, Yayasan milik H Bambang Kristiono (HBK) yang tak lain adalah Anggota DPR RI Dapil NTB II Pulau Lombok itu akan menyalurkan bantuan telur ayam segar kepada ibu-ibu dan anak-anak di Pulau Seribu Masjid ini.

“Penyaluran akan kami mulai pada bulan Agustus ini,” ungkap istri politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tersebut, yakni Hj Dian HBK selaku Ketua Yayasan HBK PEDULI, Jum’at (30/7) di Mataram.

Dia mengatakan, program penyaluran bantuan telur ayam segar ini adalah pengganti program bantuan Makanan Siap Saji (MSS) yang pernah digelar Yayasan HBK PEDULI beberapa waktu sebelumnya.

“Penyaluran telur ayam segar ini merupakan ikhtiar kami untuk membantu kaum perempuan dan anak-anak di Pulau Lombok untuk menaikkan imun tubuh serta meningkatkan pasokan gizi dan nutrisi,” kata Hj Dian.

Baca Juga:  Sentra Jamur HBK Layak Diperluas

Bantuan telur ayam segar dipilih oleh pihaknya karena telur ayam bukan hanya bahan makanan sumber protein. Namun, telur ayam juga mengandung aneka zat gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terlebih ditengah pandemi seperti saat ini, yang mana dinilainya masyarakat sangat memerlukan imunitas tubuh agar tak terpapar pandemi COVID19. Telur ayam segar setidaknya mengandung sebelas vitamin dan nutrisi berbeda.

Seperti Vitamin B2 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan metabolisme energi, perkembangan sel darah merah untuk daya tahan tubuh dan juga membantu memperbaiki penglihatan.

Telur ayam juga mengandung vitamin D yang memiliki peran penting bagi tubuh dalam penyerapan kalsium dan fosfor. Ada juga kandungan vitamin E, vitamin B12, dan vitamin A. Dan umumnya vitamin-vitamin tersebut tidak dapat disimpan oleh tubuh karena itu butuh asupan dari luar.

Rencananya kata Hj Dian, secara bergantian atau bergiliran, ribuan telur ayam segar akan disalurkan setiap harinya melalui tim-tim HBK PEDULI yang tersebar didelapan titik Pulau Lombok.

Baca Juga:  Yuk Daftar! ESPE Syndicate Siap Gelar Pemilihan Raja dan Ratu Dangdut NTB

BERDAYAKAN USAHA KECIL

Terkait pengadaan ribuan telur ayam segar ini, HBK PEDULI membelinya langsung dari para peternak ayam petelur yang berada di wilayah Lombok Timur. HBK telah menunjuk Muallani, anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Lombok Timur untuk menjadi penanggung jawab pembelian dan penyiapan ribuan telur ayam segar di setiap harinya.

“Pak HBK meminta saya untuk mencari dan menyiapkan sekitar 1.500 telur ayam segar disetiap harinya. Tentu saja, saya merasa sangat bangga menjadi bagian dari keluarga besar HBK PEDULI, dan akan mendukung sepenuhnya dari program yang sangat merakyat ini,” kata Muallani.

Gagasan menyalurkan telur ayam segar untuk masyarakat Pulau Lombok ini kata dia, diungkapkan langsung oleh pak HBK saat zoom meeting persiapan penyaluran hewan kurban pada perayaan Idul Adha yang lalu.

sedari awal kata Muallani menjelaskan, HBK memang menginginkan agar telur-telur segar yang akan disalurkan menjadi paket-paket bantuan kepada ibu-ibu dan anak-anak di Pulau Lombok ini harus dibeli langsung dari para peternak lokal. Tujuannya agar menggairahkan UMKM ditengah-tengah kelesuan ekonomi masyarakat akibat pandemi COVID19.

Baca Juga:  Ketua IARMI NTB : Mari mencari Persamaan Dalam Perbedaan!

Sementara itu, Rino Sugiarto, salah seorang peternak yang produksi telurnya dibeli Yayasan HBK PEDULI menyebut bahwa program aksi kemanusiaan yang digagas HBK dengan membeli telur dari para peternak lokal sebagai hal yang sangat luar biasa.

“Program beliau yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat kecil dibawah telah berdampak langsung kepada kami para peternak kecil yang menggeluti usaha ternak ayam,” katanya.

Rino mengungkapkan bahwa program sosial kemanusiaan anggota DPR RI yang dikenal sebagai Samurainya Prabowo Subianto ini telah membuat para peternak ayam petelur di Lombok Timur kini menjadi sangat bersemangat. “Kami sekarang tidak perlu pusing-pusing lagi mau jual telur produksi kami kemana,” tutupnya. (red) 

Artikel sebelumyaSiap Jadi Duta Indonesia Diajang Best Tourism Village UNWTO 2021
Artikel berikutnyaOrmas di NTB Siap Bersinergi