SOSMAS

Dewan Dukung Langkah Bale Mediasi

55

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Anggota DPRD NTB, Fraksi PKB, H Makmun mengaku sangat mendukung langkah Bale Mediasi.

Dimana, Bale Mediasi non mitigasi tanpa masyarakat harus berurusan dengan aparat penegak hukum (pengadilan) karena akan diselesaikan ditingkat bawah.

“Saya serap dari masyarakat, keberadaan Bale Mediasi ini disambut baik karena sangat prospek kedepan dalam menyelesaikan masalah ditingkat masyarakat bawah dan sangat produktif menyelesaikan kasus ringan,” ungkapnya di Mataram.

Dia juga menyampaikan kesan pemerintah kabupaten/kota terhadap keberadaan Bale Mediasi sangat sambut baik, karena akan menyelesaikan perkara ringan di masyarakat.

Baca Juga:  HBK Peduli Akan Gelar Vaksinasi Gratis bagi Masyarakat di Pulau Lombok

Makmun mencontohkan kasus yang akan dimediasi oleh rekan-rekan di Bale Mediasi seperti kasus pidana pencurian ayam, mangga dan tampar teman yang berujung pidana.

Kasus seperti itu akan berkurang karena diselesaikan dengan cara mediasi, tidak lagi oleh pengadilan. “Ide H Lalu Mariun, selaku pencetus berdirinya Bale Mediasi ini patut di apresiasi,” kata Makmun.

Oleh sebab itu, DPRD NTB komitmen mendukung langkah Bale Mediasi dari sisi anggaran. Terlebih diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda), tinggal tataran eksekutif bergerak.

Baca Juga:  Kadis Perindustrian NTB Buka Giat Pendampingan Kerajinan Tenun di Desa Poto

“Nanti akan ada pencegahan juga, jangan sampai setelah ada Bale Mediasi lantas masyarakat se-enaknya melakukan kesalahan,” tutupnya. (red) 

Artikel sebelumyaPelibatan Masyarakat Tangani Masalah Sosial Diutamakan Dalam Penggunaan Dana Kelurahan
Artikel berikutnyaImbauan Gubernur NTB Hadapi Cuaca Ekstream