SOSMAS

Distan Inventarisir Potensi Sumber Air Pertanian

87

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pemerintah pusat meminta kepada sejumlah daerah untuk segera mengusulkan pembangunan pertanian melalui potensi sumber air yang ada.

Menindaklanjuti hal itu, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa saat ini sedang menginventarisir potensi dimaksud.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Talifuddin kepada wartawan mengatakan, Pemerintah pusat telah menganggarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan di tahun 2020 untuk pembangunan pertanian.

Dimana dana tersebut untuk menunjang pengelolaan pengairan. Seperti melalui cekdam, sumur dangkal maupun jaringan irigasi.

Baca Juga:  Mi6 Gelar Vaksinasi Masal Dosis Kedua

“Mulai tanggal 1 semua sumber air kita inventarisir ajukan ke pusat. Ada dana DAK Penugasan, jadi khusus tahun depan 2020,” ujarnya, Senin (6/5).

Inventarisir sumber air ini, ungkapnya, akan dilakukan hingga akhir Juni dan menyasar seluruh kecamatan.

Dicontohkannya, seperti di Kecamatan Labangka yang memiliki sumber air, berupa sungai yang lebih rendah dari area pertanian, maka pengelolaan airnya dengan penyedotan menggunakan mesin yang kemudian dialirkan ke area pertanian melalui irigasi perpipaan.

“Kita tarik air sungai itu kemudian kita bikin bak baru kita salurkan ke lahan menggunakan pipa. Disebut program irigasi perpipaan.  Semua kita inventarisir, jika ada sumber air kita untuk mengusulkan yang namannya DAK Penugasan. Ditugas khusus oleh pusat untuk menginventarisir sumber yang air yang menunjang pembangunan pertanian di daerah,” tukasnya. (NM3)

Baca Juga:  Jangan Ketinggalan! Yuk, Hadiri Pameran Inovasi Daerah NTB
Artikel sebelumyaPemprov Bakal Prioritaskan BPBD NTB
Artikel berikutnyaTangani Persoalan Bencana Diperlukan Kolaborasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here