SOSMAS

DP3AP2KB NTB Harap Tete Batu Jadi Model Ramah Anak dan Perempuan

73

NUSRAMEDIA.COM — Dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB terhadap Desa Tete Batu yang berada diwilayah Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur terus mengalir.

Setelah Dispussip NTB untuk aspek pendidikan terutama sisi perpusdesnya, kini giliran Dinas P3AP2KB NTB pada aspek anak dan perempuan.

DP3AP2KB melakukan pembinaan dan pendampingan sebagai desa ramah anak dan perempuan. Mengingat Desa Tete Batu adalah Perwakilan Indonesia diajang Lomba Desa Wisata Dunia.

“Untuk langkah awal kami melakukan pemetaan dulu dalam pendampingan Desa ramah anak dan perempuan,” ungkap Kepala Dinas P3AP2KB melalui Kabid Perlindungan Perempuan, Hj Erni Suryani kepada media ini, Kamis (16/9) kemarin di Mataram.

Baca Juga:  Bang Zul : Hanya Pemuda Mampu Lakukan Perubahan Besar

Dijelaskan, untuk giat pemetaan antara lain, yaitu melakukan koordinasi, mengumpulkan data dan sekaligus diskusi dengan kepala desa setempat. Termasuk tokoh masyarakat, penggiat perempuan dan anak serta pelaku wisata.

“Nantinya Desa Tete Batu salah satu keunggulannya adalah ramah terhadap anak dan perempuan,” kata perempuan yang dikenal ramah dan santun ini.

“Dimana hak anak dan perempuan terjaga, dan pada sisi lain perlindungan terhadap perempuan tetap menjadi salah satu prioritas kebijakan,” imbuhnya.

Sebagai desa ramah terhadap anak dan perempuan, menurut perempuan yang akrab disapa Hj Erni ini, akan menjadi salah satu penopang untuk memperkuat posisi Tete Batu sebagai desa wisata internasional.

Baca Juga:  Diskominfotik NTB dan UNICEF Perkuat Peran Jurnalis

“Terutama terhadap keberadaan perempuan, mempunyai hak dan tanggungjawab yang sama untuk berkiprah sesuai porsinya masing-masing. Jadi kesempatannya sama dengan laki-laki laki. Tanpa diskriminasi, apalagi kekerasan, ” tegasnya.

Disinggung soal Desa Tete batu yang memiliki alamnya yang indah dan menyejukkan, menurut dia, saat ini lingkungan masyarakat yang harmonis, saling menghormati, menghargai dan melindungi perempuan dan anak sudah baik.

“Sudah baik, tinggal dipoles sedikit saja. Sehingga diharapkan dapat terwujudnya Desa Tete Batu yang aman, nyaman dan damai,” demikian Kabid Perempuan DP3AP2KB NTB ini.

Baca Juga:  Vaksinasi di Lombok, Masyarakat Dapat Doorprize

Sekedar informasi, Desa Tete Batu sendiri, diketahui menjadi perwakilan Indonesia pada ajang Lomba Desa Wisata Dunia tahun ini.

Yakni lebih tepatnya Best Tourism Village yang diselenggarakan oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO). (red) 

Artikel sebelumyaWaspada! Potensi Hujan Lebat di NTB datang Lebih Cepat
Artikel berikutnyaRSUD NTB Jadi RS Rujukan Tangani Pebalap World Superbike yang Alami Kecelakaan