SOSMAS

Ilegal Logging, Puluhan Kayu Jati Berhasil Diamankan

243

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 28 kayu jati berukuan dua meter berhasil diamankan oleh tim gabungan dari Kodim 1607/Sumbawa bersama Balai KPH Batulanteh.

Barang bukti tersebut diamankan bersama terduga pelaku berinisial AM (38), di wilayah kawasan Perum Desa Olat Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa, Selasa (16/7).

Adanya pengungkapan ini, diapresiasi oleh Dandim 1607/Sumbawa, Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc.

Karena kerjasama yang dilakukan oleh tim gabungan Koramil Moyo Hilir bersama petugas KPH Batulanteh menuai hasil dalam pengamanan hutan di Sumbawa.

Baca Juga:  Bang Zul : "Menjadi Seorang Pemimpin Bukan Mencari Kehidupan dalam Jabatannya"

Dandim mengatakan, pengamanan hutan harus dilakukan secara serentak bersama seluruh komponen masyarakat agar lebih efektif mengingat kondisi hutan saat ini sangat memperihatinkan.

“Hutan kita sudah mulai gundul karena masih adanya tindakan penebangan hutan secara liar hanya untuk mencari keuntungan pribadi tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan dan dirasakan oleh warga sekitar hutan apabila terjadi tanah longsor ataupun banjir,” terang Dandim kepada wartawan, Rabu (17/7).

Selain itu, Dandim juga meminta aparat terkait dengan pengamanan hutan agar betul-betul melakukan penyidikan terhadap terduga pelaku tindak pidana ilegal logging.

Baca Juga:  Bunda Niken Ajak Kader Perkuat Semangat dan Pengabdian

Sehingga memberikan efek jera bagi pelaku maupun orang yang berpotensi untuk melakukan tindakan yang sama.

“Selain upaya tersebut, juga perlu upaya preventif yang dilakukan secara bersama-sama untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya ilegal logging bagi lingkungan maupun bagi manusia itu sendiri,” tukas Dandim seraya menambahkan, saat ini terduga pelaku dan barang bukti sudah diamankan oleh petugas KPH untuk diproses lebih lanjut. (NM3)

Artikel sebelumyaUMKM NTB Bersaing Jadi Sorotan Nasional
Artikel berikutnyaSelain Ratusan Race Official, NTB Persiapkan 1000 Entrepeneur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here