SOSMAS

Mantap! RZ Kembangkan Rumah Bibit di Jorok

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Rumah Zakat (RZ) terus menunjukkan komitmennya untuk menjadikan Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa sebagai Desa Berdaya. Salah satu cara yang ditempuh untuk mewujudkannya adalah pengembangan Rumah Bibit.

Fasilitator Program Desa Berdaya, Repi S menjelaskan, pengembangan Rumah Bibit dimulai pada akhir Desember 2018 kemarin. Konsep Rumah Bibit adalah membuat satu sentra pembibitan dimana disini dikelola mulai dari penyemaian sampai menjadi bibit yang siap tanam.

Setiap bibit kata dia, akan ditanam di polybag, yang selanjutnya setiap warga masyarakat boleh mengambil untuk dipelihara di pekarangan rumah masing-masing. Setiap warga yang akan mengambil bibit diharapkan memberi infaq guna menjaga keberlangsungan program.

Baca Juga:  Rannya dan HBK Peduli Serahkan Hewan Kurban untuk Masyarakat Pulau Lombok

Untuk menumbuhkan semangat warga dalam program ini lanjutnya, maka pihaknya menyiapkan rak-rak yang akan dibagikan secara cuma-cuma. Sehingga warga diharapkan dapat berpartisipasi dengan cara mengisi rak-rak yang sudah tersedia dengan tanaman keluarga atau tanaman obat.

Dengan demikian, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi sayur sekaligus sebagai apotik hidup. Untuk dimaklumi, sumber pembiayaan pengembangan Rumah Bibit ini berasal dari bantuan Bank Indonesia perwakilan NTB.

Program Rumah Bibit ini mendapat apresiasi dan atensi dari Pemerintah Kecamatan Unter Iwes, sebagaimana yang disampaikan Oleh Camat Unter Iwes, Evi Supiati, S.STP, M.Si.

Baca Juga:  Pemprov NTB Dorong Bentuk Satgas Pencegahan Perkawinan Anak

“Saya sangat terbantu dengan Program Desa Berdaya yg diadakan oleh Rumah Zakat, karena pola kemitraan dalam pemberdayaan masyarakat saat ini sangat berguna sekali mengingat tugas memuliakan manusia menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

“Kedepan saya berharap akan semakin banyak program yang dapat kita padukan agar bisa berjalan sinergi dan mencapai tujuan besar kita secara bersama-sama. Salah satu impian saya adalah menjadikan Desa Jorok sebagai Desa Hijau. Dan saya melihat, program Rumah Bibit ini dapat mewujudkan impian saya tersebut. Terima kasih Rumah Zakat,” demikian Evi Supiati. (NM1)

Baca Juga:  NTB Launching Gerakan Bersama Menuju Nol Perkawinan Anak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini