SOSMAS

Masyarakat Diajak Galakkan Aksi NTB Asri dan Lestari

69
Gubernur NTB Dr H Zullieflimansyah saat mengikuti kegiatan penanaman pohon dan bunga di Bypass Mandalika, Sabtu (6/11/21).

NUSRAMEDIA.COM — Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengajak para pelajar dan seluruh masyarakat agar terus menggalakkan aksi bersama dalam mewujudkan NTB yang asri dan lestari. Terlebih menjelang digelarnya event dunia yaitu mulai dari Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) maupun World Superbike atau kerap disebut SBK pada November ini di Lombok, NTB.

Upaya ini tentunya menjadi salah satu ikhtiar sebagai gerakan besar secara bersama melakukan penghijauan atau menanam pohon diseluruh wilayah NTB. Oleh karenanya, Gubernur berharap agar semua pihak dapat memiliki inisiatif turut ambil bagian berperan serta dalam melakukan penghijauan di daerah tercinta.

“Kita ambil inisiatif saja. Sebagai contoh kepada masyarakat, bagaimana untuk memulai gerakan besar menghijaukan NTB,” kata Gubernur Zul, Sabtu (6/11). Ajakan itu disampaikan Zul usai mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama siswa/i SMA/SMK serta masyarakat di Bypass Mandalika, Lombok Tengah.

Orang nomor satu di NTB itu juga menegaskan, bahwa kegiatan serupa akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah (pemda) dilingkup NTB. Sehingga diharapkan Gubernur Zul, dapat terciptanya peran sinergi atau kolaborasi dengan Bupati/Walikota seluruh Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:  Pemuda dan Mahasiswa NTB Diajak Tingkatkan Skill Pemahaman Teknologi

“Kita ingin memperindah kabupaten/kota juga, sehingga banyak pengunjung yang melihat betapa hijau dan asrinya Pulau Lombok-Sumbawa untuk dikunjungi,” kata Zul. Menurut dia, keterlibatan pelajar SMA/SMK/MA untuk melakukan penanaman pohon maupun bunga disepanjang jalan Bypass Mandalika, untuk menggugah kepedulian generasi muda.

“Nilai edukasi ada, kita ajak generasi muda untuk mencintai lingkungan, karakter, kerjasama dan tanggungjawab membesarkan NTB,” demikian Gubernur Zulkieflimansyah. Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud NTB, Aidy Furqon mengungkapkan, bahwa keterlibatan dan antusias sekolah untuk mengajak siswa dan seluruh unsur sekolahnya sungguh luar biasa.

“Ada sekitar tiga ratus (300) pohon dan bunga yang terkumpul dan melibatkan lima ratus (500) pelajar dari SMA dan SMK se-Lombok Tengah,” ujarnya. Tidak hanya hari ini, gerakan menanam pohon dan bunga oleh seluruh sekolah tingkat SMA/SMK maupun SMP se-Pulau Lombok dilakukan secara bertahap.

“Kita mulai dari kemarin (Jum’at 11 November 2021). Hari ini (Sabtu, 6/11) hingga besok (Minggu 7/11) sesuai dengan jadwal dan himbuan,” terangnya. Setiap sekolah menyumbangkan 2 pohon atau bunga, namun rata-rata sekolah membawa hingga 5 pohon atau bunga. Apalagi banyak sekolah yang memiliki bunga dan pohon dilingkungan sekolahnya.

Baca Juga:  PKS NTB Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Selain menanam bunga dan pohon, jajaran Dikbud juga akan melakukan gerakan membersihkan area dan zona Mandalika. Melibatkan seluruh sekolah secara terjadwal. Tidak hanya sekolah di pulau Lombok, jajaran sekolah SMA/SMK di Pulau Sumbawa juga antusias meminta untuk melakukan gerakan menanam pohon dan bunga di sepanjang jalan Baypass Mandalika.

“Ini bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan dan menyambut tamu yang datang ke NTB untuk menyaksikan WSBK dan MotoGP,” kata Aidy Furqon. Namun, mengingat kondisi dan jarak yang cukup jauh, pihaknya juga akan melakukan Gerakan penanaman di Pulau Sumbawa bersama pelajar dan masyarakat di beberapa titik yang telah ditentukan.

Salah satu Siswa SMA 1 Pujut Lombok Tengah, Emsin merasa senang dengan kegiatan menanam pohon. Menurutnya, menghijaukan lingkungan penting, selain menghasilkan keindahan juga menyambut wisatawan yang datang ke Lombok melalui bandara. “Kami senang, nanti saat IATC kami akan ikut menonton juga, makanya kami semangat untuk menghijaukan lingkungan kami,” kata siswa Kelas 2 jurusan IPA ini.

Baca Juga:  PKS NTB Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Senada juga disampaikan Suryani, siswi kelas 3 IPA SMA 1 Batu Keliang Loteng ini, mengaku telah menyiapkan bunga bersama siswa lain. “Ini bentuk kontribusi kami untuk alam dan lingkungan, sehingga dengan menanam bunga akan tampak indah dan memanjakan mata orang yang lewat jalan ini,kami senang dan enjoi hari ini,” jelas gadis manis ini.

Gerakan menanam pohon ini juga, turut dihadiri, Seluruh Staf ahli, Kadis Kominfotik, Kadis PU, Kadispora, Kadis Pariwisata, Kadis Perkim, Kadis LHK, Kadis Ketahanan Pangan. Kemudian Kadis Tanbun, Kasat Pol PP, Ka DP3AP2KB, Karo Pemerintahan, Karo Umum Setda Provinsi NTB, kepala sekolah se Loteng dan pelajar dan masyarakat setempat. (red) 

Artikel sebelumyaKabar Gembira, Ini Harga Tiket World Superbike
Artikel berikutnyaMenteri Sandiaga Uno Menyelesaikan Fasilitas Homestay Desa Senaru Agar Segera Beroperasi