SOSMAS

Masyarakat NTB Diajak Jaga Nama Baik Daerah Dimata Dunia

62
Anggota DPRD NTB asal Dapil Lombok Tengah, Lalu Wirajaya.

NUSRAMEDIA.COM — Anggota DPRD Provinsi NTB asal Dapil Lombok Tengah, Lalu Wirajaya mengajak masyarakat NTB agar dapat menjaga nama baik daerah dimata dunia.

Hal ini ditegaskannya, mengingat tidak lama lagi Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menyelenggarakan bebebagai event internasional di Sirkuit Mandalika.

Yaitu mulai dari Asia Talent Cup atau Junior MotoGP dan World Superbike (WSBK) pada November 2021, termasuk gelaran MotoGP pada tahun 2022 mendatang.

Menurut dia, event ini merupakan momen kebangkitan NTB setelah cukup lama dihadapkan dengan berbagai persoalan. Terutama soal bencana gempa bumi hingga pandemi COVID19.

Dimana dampak dari adanya bencana alam dan non alam itu dinilainya cukup luar biasa. Terutama dari sisi perekonomian di NTB. NTB, kata Wakil Ketua Komisi V itu, memiliki berbagai potensi.

Antara lain destinasi pariwisata, UMKM dan masih banyak lagi. Menurut dia berbagai potensi harus dipromosikan. Sehingga, berbagai hal yang ada di NTB dapat diketahui dunia.

Baca Juga:  Vaksinasi di Lombok, Masyarakat Dapat Doorprize

Disisi lain, masyarakat lokal NTB diharapkan dapat mengambil peranan. Terlebih dalam mengambil manfaat akan kehadiran berbagai event internasional tersebut.

Di NTB sendiri, kata Wirejaye, cukup banyak pelaku-pelaku yang siap turut serta menyukseskan event tersebut. Baik itu pelaku wisata, traveling, UMKM, transportasi dan lain sebagainya.

Hanya saja, para pelaku usaha atau masyarakat NTB harus sama-sama memahami standar-standar yang telah ditentukan panitia. Karena, ia meyakini betul bahwa penyelenggaraan event memiliki berbagai standar.

Misalnya, dari sisi kesiapan transportasi yang disediakan harus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Karena menyangkut dengan kenyamanan. “Dalam hal ini kita harus saling memahami sesungguhnya,” ujarnya di Mataram.

“Artinya kita sebagai masyarakat lokal NTB ini juga harus memahami standar-standar yang telah ditetapkan. Apapun itu, WSBK ini perhelatan internasional. Mereka pasti sudah punya standar,” imbunya.

Baca Juga:  Tema Konfercab XVII PCNU Sumbawa Selaras dengan Visi "Sumbawa Gemilang Berkeadaban"

Inilah yang kemudian, kata dia, juga dalam rangka menjaga nama baik daerah. Sehingga diharapkan nantinya para pengunjung yang datang ke NTB mendapatkan kesan yang baik. “Nah, jadi tamu-tamu yang berdatangan nanti ini bisa puas,” tegas Wirejaye.

Dengan mengikuti standar dalam memberikan pelayanan atau sebagainya, diharapkan nantinya para tamu atau pengunjung dari berbagai dunia ini dapat megabarkan pula tentang kebaikan.

Baik dari sisi keunikan, kekayaan alam, kenyamanan, keamanan, keramahan, termasuk pelayanan dan lain sebagainya akan daerah NTB. “Karena ketika tamu puas, kemudian mereka mau datang kembali, itukan bagus,” ucapnya.

“Bayangkan saja jika mereka bercerita kepada sanak keluarganya untuk (mau datang kembali) berliburan di NTB. Bukankah itu bagus untuk kita?. Karena tiada lain tiada bukan kalau kita semua yang akan menerima hasilnya (dampak baiknya),” tambah Wirejaye.

Baca Juga:  Generasi Muda NTB Diajak Persiapkan Diri

Agar semua dapat berjalan baik sesuai seperti yang diharapkan bersama, maka dia menyarankan harus ada kekompakkan atau kebersamaan dalam mengangkat nama baik daerah dimata dunia.

“Harus bahu-membahu bekerjasama bergandengan tangan dalam hal ini kalau tidak begitu, ya tidak akan bisa. Ini pekerjaan besar kita yang kemudian akan mencuat ke seluruh dunia namanya ketika kita berhasil,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak agar memanfaatkan semua yang ada sebelum terlaksananya berbagai event dengan terus berbenah secara maksimal.

“Mumpung masih ada waktu, persiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Karena kalau kita salah awalnya ini akan salah selanjutnya berat kita memperbaiki besok,” demikian Lalu Wirejaye. (red) 

Artikel sebelumyaKabupaten/Kota di NTB Harus Aktif, Asaat Abdullah : Galakkan Promosi!
Artikel berikutnyaVaksinasi di Loteng Lampaui Target