SOSMAS

MUI NTB Gelar Rakerda di Sumbawa

96

NUSRAMEDIA.COM — Kabupaten Sumbawa menjadi tuan rumah Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) NTB Tahun 2021. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah pada Sabtu (18/9) kemarin di Aula Hotel Grand Samota.

Dalam Rakerda yang digelar selama 2 hari ini, mengusung tema “Sinergitas MUI dan Pemerintah Dalam Mengatasi Pandemi COVID19 di NTB”. Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPR RI, H Johan Rosihan, Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, Ketua MUI NTB H Syaiful Muslim serta pengurus MUI Kabupaten/Kota se-NTB.

Selain itu, dalam Rakerda juga ada hal yang unik. Dimana MUI Sumbawa mencoba memperkenalkan produk-produk lokal dengan menyiapkan stand UKM di lokasi Rakerda. Dalam sambutannya, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mengatakan, MUI sangat berperan penting membantu pemerintah dalam menangani Pandemi COVID19 di NTB hingga saat ini.

Baca Juga:  Media Center Korem 162/WB Diresmikan

Karena itu, Doktor Zul akrab Gubernur disapa berharap sinergi pemerintah dan MUI yang selama ini telah berjalan baik dapat terus dilanjutkan. Terutama dalam memberi edukasi kepada ummat tentang pentingnya vaksinasi. “Vaksinasi di NTB diharapkan mampu mencapai 70 hingga 80%. Untuk mencapai angka tersebut, dibutuhkan kehadiran MUI untuk meyakinkan ummat bahwa tidak ada yang bertentangan dengan Islam di dalam vaksinasi,” harap Gubernur.

Sementara Ketua MUI NTB, H Syaiful Muslim memuji Rakerda MUI yang digelar di Sumbawa. “Kami bangga dan terharu, Rakerda di Kabupaten Sumbawa ini justeru melebihi apa yang kita lakukan di tingkat provinsi. Luar biasa Ketua MUI Sumbawa dan panitia yang telah menyiapkan semua ini,” katanya

Baca Juga:  Nanang Komit Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Diterangkannya, MUI bukan hanya mengurus orang tahlilan dan dzikir, tapi ikut serta bersama pemerintah mengurus masyarakat di tengah pandemi. Hal ini sejalan dengan tema kegiatan “Sinergitas MUI dan Pemerintah Dalam Mengatasi Pandemi COVID19 di NTB”. “Sinergitas dengan pemerintah sangat tepat dan kita memang harus bersinergi,” terangnya.

Ketua MUI Kabupaten Sumbawa Syukri Rahmat selaku tuan rumah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua Umum MUI Provinsi NTB yang telah memberikan amanah ini. Dikatakan, dengan amanah itulah, MUI Sumbawa berusaha semaksimal mungkin dengan segala keterbatasan menyiapkan agenda Rakerda.

Baca Juga:  Pompa Hidram Tahap III di Desa Tatar Sedikit Lagi Rampung

Rakerda ini, menurutnya, dalam rangka membahas beberapa program kerja sekaligus merancang beberapa hal yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Karena pihaknya sangat sadar ada tanggung jawab melekat untuk menuntaskan agenda-agenda kebangsaan, keumatan bersama pemerintah. Termasuk terkait COVID19.

“Kami Rakerda kali ini mengusung tema sinergitas MUI dan Pemerintah Dalam mengatasi Pandemi COVID19 di NTB. Harapan kita situasi ini segera berlalu. Sehingga tidak ada alasan bagi kita semua khususnya MUI Sumbawa dan Kabupaten Kota dan provinsi menunjukkan komitmen kita membantu pemerintah dalam rangka menuntaskan masalah COVID,” ungkap Mantan Ketua KPU Sumbawa ini. (red) 

Artikel sebelumyaKempo NTB Targetkan Dua Emas di PON Papua
Artikel berikutnyaHazmi Hamzar : Rantai Sabuk Pengamanan NTB Harus Kuat!