SOSMAS

Peduli Warga KLU, Bupati Ucap Terimakasih

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA — Mewakili Bupati Lombok Utara, Sekretaris Daerah (Sekda), H Suardi mengucapkan terimakasih atas kepedulian nyata Danrem 162/WB dan Ketua Dharma Pertiwi Daerah J yang telah membantu masyarakat di Lombok Utara, khususnya di Desa Rempek, Kecamatan Ganggga.

“Terimakasih atas kepedulian Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani dan Ibu Kirana kepada masyarakat kami,” ucap Sekda Lombok Utara, Senin (1/6) tadi pada saat acara penyerahan bantuan yang disalurkan oleh Danrem dan Ketua Dharma Pertiwi Daerah J di KLU.

Menurut dia, bantuan yang diberikan kepada kelompok rentan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) serta Satgas Zeni TNI adalah hal yang luar biasa. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi sikap nyata Danrem 162/WB beserta Ketua Dharma Pertiwi Daerah J.

Ia berharap, rehabilitasi rekonstruksi rumah tahan gempa (RTG) pasca gempa dapat segera terselesaikan, sehingga masyarakat yang terdampak segera dapat memempati rumahnya lagi.

“Kepada Pasukan atau Satgas Zeni TNI yang setiap hari berada ditengah masyarakat yang sudah membantu hingga sejauh ini, kami ucapkan terimakasih. Kami juga berharap rehab rekon RTG pasca gempa, semoga tahun ini dapat rampung semua,” demikian harap Sekda Suardi.

Baca Juga:  Hari Kemenangan Momentum Perkuat Solidaritas Terhadap Sesama

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani bersama Ketua Dharma Pertiwi Daerah J NTB, Kirana Rizal Ramdhani menyerahkan bantuan kebutuhan spesifik kepada kelompok rentan Covid-19.

Begitupun bantuan kaos, topi rimba dan masker kepada Satgas Rehab Rekon dari Zeni TNI di Dusun Rempek Timur, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Seluruh rangkain kegiatan dilaksanakan tetap mengacu pada pedoman protokol Covid-19.

Kegiatan diawali dengan menyaksikan siaran virtual Pidato Presiden RI H Joko Widodo pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di Jakarta yang bertema “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju” yang ditayangkan langsung melalui siaran televisi.

Pada kegiatan tersebut, Danrem 162/WB selaku pembina Dharma Pertiwi Daerah J NTB, dalam sambutannya diawali dengan memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT karena telah diberikan kesehatan di tengah kondisi pandemi covid-19.

Selanjutnya Danrem menyampaikan, bahwa kehadirannya pada kegiatan ini sekaligus memberikan Edukasi, sosialisasi kepada masyarakat dan prajurit terkait bahaya Covid-19.

“Ingat Penyakit ini dapat menular kepada siapa saja mulai balita, anak-anak, dewasa sampai lanjut usia dan sangat berbahaya saat imunitas tubuh kita rendah. Namun setelah mendengar informasi bahwa di Kecamatan Gangga masih nol belum ada yang terpapar Covid-19, dimana itu harus dipertahankan dan kita jaga,” kata Danrem.

Baca Juga:  Hari Kemenangan Momentum Perkuat Solidaritas Terhadap Sesama

“Jangan percaya dengan isu atau hoax yang mengatakan bahwa covid-19 itu adalah rekayasa, itu semua tidak benar,” imbuh Ahmad Rizal Ramdhani.

Selain itu, ia mengatakan, sengaja memilih Lombok Utara untuk kegiatan pemberian bantuan kepada orang tua dan anak-anak oleh Dharma Pertiwi, karena dianggap spesial.

Lombok Utara, menurut dia, adalah daerah yang paling terdampak bencana alam gempa merupakan atensi dari pemerintah dengan tujuan saling berbagi dan mengasihi sesama.

Dimana NTB menjadi perhatian nasional khususnya anak-anak yang terpapar Covid-19. Sebab, NTB berada diurutan kedua nasional setelah Jawa Timur paling tinggi anak-anak yang terpapar Covid-19.

“Oleh sebab itu, kami minta kepada para orang tua khususnya ibu-ibu agar menjaga serta peduli terhadap keamanan dan keselamatan anak-anaknya dari Covid-19,” imbaunya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, selain memberikan bantuan kepada anak anak dan lanjut usia, pihaknya juga meninjau pasukan Zeni TNI yang sedang bekerja membangun Rumah Tahan Gempa (RTG) di KLU dengan tujuan memberikan semangat dan motivasi kepada personel Satgas ditengah pandemi covid-19.

Baca Juga:  Hari Kemenangan Momentum Perkuat Solidaritas Terhadap Sesama

“Kami akan membagikan bantuan berupa kaos, topi rimba dan masker kepada Satgas Rehab Rekon,” ungkapnya.

“Satgas hadir di tengah-tengah masyarakat KLU untuk membangun kembali rumah-rumah penduduk yang rusak karena gempa bumi tahun 2018 yang lalu,” jelasnya.

Sebelum menutup sambutannya, alumni Akmil 1993 ini kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mentaati imbauan pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19, selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun antiseptik di air yang mengalir.

Bila perlu, kata dia, sebaiknya diam di rumah dan menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur, istirahat cukup, konsumsi vitamin dan makanan bergizi serta berjemur di sinar matahari sekitar pukul 10.00 selama minimal 15 menit.

“Dengan sama-sama kita sadar dan disiplin mengikuti protokol kesehatan, Insya Allah kita akan lebih cepat mengatasi penyebaran Covid-19 ini,” tutup pria kelahiran Jakarta ini.

Untuk diketahui, turut hadir Dandim 1606/Lobar bederta istri, Kapolres KLU, Asisten I KLU, Sekcam Gangga, Kades Rempek, serta anggota Satgas rehab rekon dan masyarakat. (red)