SOSMAS

Peran Wartawan Dinilai Penting Wujudkan NTB Gemilang

81

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK TENGAH — Peran wartawan untuk mengakselerasi pembangunan daerah merupakan faktor penting untuk mewujudkan visi-misi NTB Gemilang.

Oleh karena itu, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah meminta kepada seluruh wartawan yang ada di NTB untuk membantu pemerintah mengakselerasi program pembangunan.

Sehingga visi-misi NTB gemilang menjadi keniscayaan yang kemudian dapat dihidangkan dengan informasi yang menyejukkan dimasa yang akan datang.

“Saya bersyukur dapat bertemu langsung dengan teman-teman wartawan. Karena kemitraan yang baik dapat menciptakan narasi yang indah untuk kemajuan NTB ke depan,” kata gubernur saat bersilahturahmi dan diskusi dengan wartawan Lombok Tengah di Pawon Sasak Praya, Sabtu (7/3) kemarin.

Salah satu program pembangunan yang sedang giat digencarkan oleh pemerintah adalah pembangunan  Event MotoGP yang diharapkan mampu memberikan impact yang besar bagi daerah dan masyarakat NTB.

Baca Juga:  Yuk Daftar! ESPE Syndicate Siap Gelar Pemilihan Raja dan Ratu Dangdut NTB

Dengan demikian, event yang sudah didepan mata tersebut harus disambut dengan rasa bangga untuk mensukseskannya. Karena itu, Gubernur NTB yang akrab disapa Bang Zul itu berharap peran serta wartawan menjadi garda terdepan untuk menyiarkan informasi yang menyejukkan bagi masyarakat.

“Kontribusi wartawan dalam menyampaikan informasi pembangunan dan event-event di NTB sangat diharapkan untuk mewujudkan mimpi itu,” harap Zul dihadapan sejumlah wartawan dari berbagai media di NTB yang hadir saat itu.

Dikatakan Bang Zul, bahwa pemerintah NTB sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mempercepat progres pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika.

Itu kata dia, baik yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat desa setempat, penguatan para pelaku UMKM maupun fasilitas pendukung lainnya seperti mendorong masyarakat agar menyulap rumah mereka menjadi Homestay sebagai langkah menyambut event itu.

Baca Juga:  DP3AP2KB NTB Dorong Partisipasi Perempuan Lingkar Sirkuit Mandalika

Tidak hanya itu, yang paling strategis untuk menyambut event internasional itu, pemerintah juga telah mengusulkan agar dibangun rumah susun (rusun) di desa-desa sekitar Mandalika.

“Dan Alhamdulillah, disetujui oleh Kementerian Bappenas. Artinya rusun tersebut dapat dikelolah menjadi Homestay oleh pemerintah desa melalui BUMDes-nya dan secara emosional masyarakat bisa terlibat langsung,” tutur Bang Zul.

“Kita harus berpacu dengan waktu jangan hanya menuntut kegelapan tanpa berusaha menyalahkan cahaya. Karena itu, wartawa harus mulai memikirkan bagaimana menggaungkan event MotoGP yang komprehensif bagi kesejahteraan masyarakat kita,” tambah orang nomor satu di NTB itu.

Tugas pemerintah dan masyarakat adalah menciptakan suasana yang kondusif, aman dan menyenangkan bagi tamu-tamu berkunjung di NTB agar mereka memiliki kerinduan yang menyisahkan kesan manis untuk terus mengunjungi daerah tercinta ini.

Baca Juga:  HBK Peduli Akan Gelar Vaksinasi Gratis bagi Masyarakat di Pulau Lombok

Menanggapi hal itu, Ketua Forum Wartawan Lombok Tengah, Lalu Amrillah menyambut baik semua pembangunan di NTB. Tanggung jawab wartawan untuk mempublikasikan semua progres pembangunan merupakan suatu keharusan yang diutamakan.

Mengingat Kabupaten Lombok Tengah merupakan kabupaten yang memiliki aktivitas pembangunan dan event-event terbanyak yang dilakukan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

“Kami sangat mendukung setiap  pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi, informasi yang baik maupun sebaliknya memilik impact bagi kami juga,” ungkapnya.

Ia mengatakan, atas nama forum wartawan Lombok Tengah menyampaikan permohonan maaf jika selama ini terdapat informasi yang kurang baik yang diasumsikan oleh masyarakat yang menghambat proses pembangunan di Provinsi NTB. “Kami juga berharap bahwa daerah kita dikenal baik oleh masyarakat luas,” demikian. (red) 

Artikel sebelumyaDinilai Layak Dua Periode, Mahally : Elektabilitas Najmul Akhyar Bagus!
Artikel berikutnyaPengolahan Sampah di Lingsar Layak Jadi Contoh bagi Desa Lainnya