SOSMAS

Rumah Zakat Berbagi Berbuka Puasa

69

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Memasuki bulan Ramadhan, Rumah Zakat (RZ) memiliki sejumlah program. Salah satunya yaitu “Berbagi Berbuka Puasa” yang sudah mulai dilakukan sejak awal puasa, pada Jum’at (24/4) sore.

Koordinator Rumah Zakat NTB, Repi S mengatakan, “Berbagi Berbuka Puasa” ditujukan kepada masyarakat muslim yang sedang berpuasa dan secara ekonomi kurang mampu. Sehingga diharapkan mereka juga dapat merasakan kebahagian nikmatnya berbuka dengan menu yang orang lain rasakan.

Selain itu, mengingat bulan Ramadhan tahun ini masih berada ditengah merebaknya wabah Covid-19, Rumah Zakat juga akan menyasar para warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Baca Juga:  Percepat Vaksinasi, Danrem 162/WB : "Pengarahan Masal Berbasis Desa dan Dusun"

“Tetapi dengan adanya wabah Covid ini, dengan adanya istilah ODP yang seharusnya mereka bisa bekerja, tetapi dalam pengawasan isolasi karantina mandiri atau karantina di tempat tertentu sehingga target penerima manfaat pada momentum Ramadhan kali ini termasuk mereka,” ujarnya kepada wartawan.

Diungkapkannya, dalam program ini pihaknya melibatkan sejumlah pihak. Seperti para donatur yang menjadi sumber pendanaan. Kemudian warga yang memiliki usaha rumahan.

“Sebelum jadi nasi ada proses, prosesnya ini kami memesan diusaha rumahan, usaha kecil kami bagi dalam satu bulan penuh ini. Kami memesan di mereka itu tiga hari berturut turut, kemudian ada kita pesan lima hari berturut-turut sesuai dengan tingkat kemampuan dan seberapa kuat kita suport usaha mereka, tmbuh dan berkembang. Terlebih dengan adanya wabah ini usaha rumahan itu ternyata sangat berdampak,” pungkasnya. (red) 

Baca Juga:  IKA Unram Bekali Milenial NTB Bertani Kreatif Dimasa Pandemi
Artikel sebelumyaBupati Ungkapkan Berbagai Hal saat Rakor Gugus Tugas COVID-19 KLU
Artikel berikutnyaDewan NTB Geser Rp 9,5 Miliar Lawan COVID-19