SOSMAS

Sekda Sumbawa : Hargai yang Berpuasa, Warung Tak Perlu Tutup 

161

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pemerintah Kabupatem (Pemkab) Sumbawa masih memperbolehkan warung makan beroperasi selama bulan ramadhan.

Hal ini diputuskan setelah menimbang beberapa hal. Meskipun demikian, bagi warung makan yang membuka jualannya diminta untuk tidak transparan.

Artinya, ketika beroperasi agar pintunya tidak terbuka lebar, atau bisa dipasang penutup.

Demikian disampaikan Sekda Sumbawa, H. Rasyidi kepada wartawan.

Dijelaskan, diperbolehkannya restauran dan warung makan untuk beroperasi, karena tidak tutup kemungkinan Kabupaten Sumbawa kedatangan tamu dari luar daerah dan bukan beragama Islam.

Selain itu ada juga masyarakat yang dalam perjalanan jauh dan membutuhkan tempat pelayanan makan.

Baca Juga:  IKA Unram Bekali Milenial NTB Bertani Kreatif Dimasa Pandemi

“Sehingga itu diperbolehkan (Beroperasi), hanya saja dipakaikan penutup dan tidak terlalu transparan. Agar tidak memunculkan suatu niat yang puasa itu untuk masuk kesitu,” ujarnya, Senin (6/5).

Selain itu, Sekda juga mengimbau kepada masyarakat yang beragama diluar Islam, agar mampu menghargai umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Tentu dengan mengikuti aturan yang berlaku, seperti tidak lagi melaksanakan kegiatan yang akan mengganggu pelaksanaan ibadah puasa, baik dalam bentuk sholat tarawih sampai nanti pada hari raya Idul Fitri.

“Mari menjunjung tinggi toleransi, menghargai bulan suci ini dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat orang lain tidak khusyuk beribadah. Harus lebih meningkatkan iman dan taqwa bagi umat muslim,” tambahnya.

Baca Juga:  Percepat Vaksinasi, Danrem 162/WB : "Pengarahan Masal Berbasis Desa dan Dusun"

Bahkan Sekda juga mengharapkan ditiap wilayah dapat melaksanakan kegiatan positif untuk mengisi bulan suci ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat.

“Pemda mengimbau kepada seluruh masyarakat baik yang pemuka masyarakat, pimpinan yang ada di desa, anak muda agar melaksanakan kegiatan di masjid. Saya fikir dengan kegiatan yang positif, baik yang terkait dengan cerdas cermat, menghafal Al-Quran, dan sejenisnya akan memberikan suatu motivasi kepada anak-anak kita agar mereka lebih ingin meningkatkan ilmu dibidang agama, meningkatkan kualitas keagamaannya, kemudian iman dan taqwanya,” tuturnya.

Baca Juga:  Sentra Jamur HBK Layak Diperluas

Dalam bulan puasa ini juga manakala kita ada kelebihan rejeki, ini waktu yang tepat untuk kita keluarkan infaq, sedekah bagi teman-teman atau keluarga kita yang sangat membutuhkan. Sehingga diharapkan mereka juga dapat memperoleh suatu rejeki dari kita, dan mereka mampu melaksanakan ibadah puasa dengan baik,’’ pungkasnya. Seraya berharap mudah-mudahan Kabupaten Sumbawa tetap dalam kondisi yang aman, damai, tertib, bersahabat, terutama dalam suasana penuh kekeluargaan. (NM3) 

Artikel sebelumyaMomentum Ramadhan 1440 H, Danrem 162/WB : Mari Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT
Artikel berikutnyaKorem Gelar Bintal Fungsi Komando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here