SOSMAS

HMS Berikan Bantuan Bioflok Untuk Pokdakan di KSB

Anggota Komisi IV DPR RI, Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) memberikan bantuan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok. Bantuan itu diserahkan langsung oleh politisi PAN tersebut kepada Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Anggota Komisi IV DPR RI, Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) memberikan bantuan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok. Bantuan itu diserahkan langsung oleh politisi PAN tersebut kepada Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Yakni Kelompok Insan Sumbawa Peduli, Desa Seteluk Atas, Kecamatan Seteluk-KSB. Bantuan ini telah diserahkan beberapa waktu lalu. Dikatakan HMS, budidaya ikan dengan sistem bioflok adalah sistem budidaya yang sangat efektif. Pasalnya, bioflok memiliki kelebihan yaitu proses budidaya yang hemat lahan dan air.

Sehingga, masih kata anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa itu, cocok dikembangkan di perkotaan atau daerah padat penduduk seperti di Pulau Sumbawa. “Sejak bertugas di Komisi IV, saya telah memberikan banyak bantuan bioflok di Pulau Sumbawa. Mulai dari Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu hingga Bima,” ujarnya.

Baca Juga:  Satpol PP Deteksi Pelanggaran Ketertiban Umum

Menurut HMS, pada 2022 lalu dirinya telah menyalurkan paket bioflok ikan lele. Bantuan ikan lele dengan sistem bioflok memiliki nilai hampir Rp200 juta per/paket. Bantuan berisikan pembangunan kolam, benih, dan pakan. “Karena itu, berbagai jenis sistem pengembangan ikan lele sangat dibutuhkan,” kata HMS.

“Termasuk budidaya dengan sistem bioflok. Sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat apabila tata kelola ikan lele dilakukan dengan baik,” sambungnya. Sementara itu, Ketua Kelompok Insan Sumbawa Peduli Pembudidaya Ikan Lele menyampaikan terimakasih serta apresiasinya kepada HMS.

Baca Juga:  Sambut 1 Muharram, Diskominfotik NTB Gelar Pengajian Bersama

Ini lantaran sudah memberikan bantuan pembangunan kolam, benih sebanyak 15 ribu ekor dan pakan melalui aspirasinya. “Bantuan ini sangat bermanfaat sekali kepada kelompok pembudidaya ikan lele,” jelasnya. “Karena bisa menambah peningkatan perekonomian di masyarakat khususnya di Desa Seteluk Atas dan Pulau Sumbawa pada umumnya,” lanjut M Rizal.

Tak hanya itu, HMS juga dinilai telah membuka aspirasinya dari masyarakat untuk mendorong pemerintah mewujudkan keinginan masyarakat. Sebab, menurutnya DPR RI sebagai penyambung keinginan rakyat, sementara pemerintah yang mewujudkannya agar bisa dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Santunan JKK

“Semoga beliau (HMS) tetap bisa berkomitmen bagi masyarakat di pulau Sumbawa,untuk menyampaikan aspirasinya masyarakat,” kata M Rizal. “Semoga beliau berlanjut ke empat periode sebagai anggota DPR RI Dapil NTB I Pulau Sumbawa,” demikian sambung Ketua Kelompok Insan Sumbawa Peduli Pembudidaya Ikan Lele. (red)