SOSMAS

Data Penerima Bantuan Harus Update

Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Saepuddin Zohri menilai data masyarakat yang menerima bantuan belum banyak diperbaharui. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Saepuddin Zohri menilai data masyarakat yang menerima bantuan belum banyak diperbaharui.

Padahal menurut dia, akurasi data menjadi kunci agar bantuan-bantuan untuk masyarakat bisa tepat sasaran. Karena para penerima manfaat masih terfokus pada orang yang sama.

Oleh karenanya, DPRD Provinsi NTB mendorong perlu dilakukan pembaharuan data. Pasalnya, pembahuran data penerima manfaat ini mutlak dilakukan, sehingga data penerima bisa update.

“Data inikan tidak pernah diolah lagi. Dan kenapa saya bilang tidak pernah diolah lagi, sebab orang-orang yang menerima bantuan hanya orang-orang itu saja,” katanya.

Baca Juga:  Pemprov NTB Dorong Bentuk Satgas Pencegahan Perkawinan Anak

“Mestinya, setiap tiga bulan atau empat bulan, data itu harus tetap ditinjau ulang,” sambung politisi PAN ini, Senin (22/04/2024) di Kota Mataram.

Jika dalam pendataan ulang itu terdapat warga yang perekonomiannya membaik, maka secepatnya diganti dengan masyarakat yang benar-benar miskin.

Sehingga nantinya akan ada pemerataan dilapangan. Tersalurkannya bantuan pangan yang tepat sasaran adalah hajatan bersama dalam mengurangi beban warga miskin.

“Orang yang sudah meninggal masih ada data penerima bantuan. Nah, inilah yang harus dirapikan, sehingga program apapun namanya yang digelontorkan benar-benar untuk peruntukannya,” harapnya.

Baca Juga:  LPK Harus Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

Menurut dia, ini meenjadi tugas bersama untuk melakukan validasi, agar bantuan sosial yang dihajatkan oleh pemerintah dalam menekan inflasi, kemiskinan ekstrim bisa tersalurkan dengan optimal.

Masyarakat juga diminta untuk melaporkan keaparat desa, lingkungan maupun kelurahan, sehingga nantinya dapat diteruskan ke pemerintah kabupaten kota dan provinsi agar bisa diperbaiki. (red)