PEMERINTAHAN

Empat Ranperda Pemda Sumbawa Tahun 2023 Diparipurnakan

NUSRAMEDIA.COM — Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Penjelasan Bupati Sumbawa Terhadap Ranperda yang Berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Tahun 2023, Penyampaian Penjelasan BAPEMPERDA Terhadap Ranperda Usul Inisiatif DPRD Kabupaten Sumbawa Tahun 2023, Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Ranperda.

Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa, pada Senin, (22/4/2024). Hadir juga pada Kegiatan ini Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Forkopimda Kabupaten Sumbawa, serta Sejumlah OPD. Berdasar yang disampaikan Sekda Kabupaten Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos., M.AP., menjelaskan terkait 4 Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tahun 2024, yang pertama Rancangan Perda terkait Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  NTB Jaga Stabilitas Harga Bapok Jelang Hari Raya Idul Adha

Hal ini penting untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, menyerap Lapangan kerja, dan mengembangkan Usaha micro, kecil dan Koperasi. Melihat kondisi penamanan modal yang menunjukkan perkembangan yang positif Maka Perda ini diperlukan supaya ada kepastian Hukum. Kedua Rancangan Perda terkait Pengelolaan Barang Milik Daerah. Dalam rangka optimalisasi Pengelolaan milik Daerah Kabupaten Sumbawa Maka Perda ini diperlukan.

Sekda menyampaikan Perda Kabupaten no. 5 Tahun 2015 yang saat ini berlaku sudah tidak sesuai dengan Perkembangan Hukum saat ini, Maka perlu segera penyesuaian supaya adanya kepastian Hukum dalam pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Sumbawa. Tiga Rancangan Perda tentang perubahan ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa No. 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan perangkat Daerah.

Baca Juga:  Pemprov NTB Selaraskan Komitmen dengan Kabupaten/Kota

Sekda menjelaskan perubahan ini bertujuan Untuk segera membentuk Badan Riset dan Inovasi di Kabupaten Sumbawa yang nantinya diintegrasikan dengan Bappeda. Empat Rancangan Perda tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK). Bapemperda yang senada dengan Sekda menyampaikan Perda ini akan memberikan dampak positif bagi Pembangunan Industri di Kabupaten Sumbawa serta, akan menjadi panduan bagi Pembangunan Industri di Kabupaten Sumbawa.

Disatu sisi Bapemperda menyampaikan terkait Ranperda Usul Inisiatif DPRD Kabupaten menyampaikan Perlu adanya Perda terkait penataan Desa dimaksud agar menjadi Pedoman dalam penataan Desa guna meningkatkan efektifitas Penyelenggaraan Desa. Pentingnya Perda terkait Perumahan dan kawasan Pemukiman, Perda ini bertujuan untuk memberikan kepastian Hukum dalam Penyelenggaraan Pemukiman, dan mendukung penataan dan perkembangan wilayah yang sesuai Rencana tata Ruang. Serta, perlunya Perda terkait Kesejahteraan Sosial guna mengatasi Kemiskinan dan peningkatan Kesejahteraan masyarakat. (red) 

Baca Juga:  Empat Ambulance Desa Kembali Bakal Direalisasikan Tahun Ini