HEADLINE

Dirmawan Dilantik Sebagai Pj Sekda Sumbawa

Secara resmi, Ir Dirmawan yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum, kini telah dilantik Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Secara resmi, Ir Dirmawan yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum, kini telah dilantik Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa. Pelantikan berlangsung di aula H Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa, pada Kamis (4/1/2024).

Haji Mo – sapaan akrab Bupati Sumbawa dalam sambutannya memberikan penghormatan dan apresiasi yang tinggi kepada H. Hasan Basri, yang telah dengan penuh dedikasi melaksanakan amanah sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa hingga memasuki masa pensiun sejak 1 Januari 2024.

“Seluruh pengabdian dan dedikasinya merupakan fondasi kuat bagi kemajuan Kabupaten Sumbawa. Semoga beliau dapat menikmati masa pensiun dengan kesehatan dan kebahagiaan yang berlimpah,” tutur Bupati. Lebih jauh dijelaskan, melalui mekanisme yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah.

Baca Juga:  Andi Mappeleppui dan Alen Taryadi Berpeluang Duduki DPRD Sumbawa

Pihaknya menugaskan dan melantik Dirmawan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa. Dalam hal ini, proses seleksi dan penunjukan telah dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Menurut Bupati, Penjabat Sekretaris Daerah memiliki tanggungjawab besar dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Tugasnya melibatkan koordinasi antar-instansi, penyusunan kebijakan, dan pengelolaan sumber daya aparatur. ‘’Kami yakin bahwa Dirmawan dengan latar belakang dan pengalaman yang dimilikinya akan menjalankan tugasnya dengan integritas dan kompetensi yang tinggi. Semoga beliau dapat melanjutkan estafet kepemimpinan dengan integritas, profesionalitas, dan penuh tanggungjawab,’’ ujarnya.

Baca Juga:  Sambirang Tembus 20 Ribu Lebih, Ini Perolehan Suara Caleg PKS Dapil NTB 5 Sumbawa-KSB

Dijelaskan, pelantikan ini merupakan upaya untuk memastikan kelancaran pelaksanaan program pembangunan dan pelayanan publik di Kabupaten sSmbawa. Diharapkan agar Penjabat Sekretaris Daerah dapat membawa inovasi dan perubahan positif dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, Penjabat Sekretaris Daerah juga harus menyadari, dalam situasi dan kondisi kehidupan kemasyarakatan saat ini.

Termasuk kewajiban, tugas dan tanggungjawab itu bukan semata melaksanakan tugas-tugas rutin, tetapi juga hendaknya dapat membaca situasi, menentukan langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menata, membina dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Dua Anggota DPRD NTB Berpeluang Lolos ke Senayan

‘’Kita harus menyadari bahwa tantangan tugas-tugas pemerintah kabupaten sumbawa di hari-hari mendatang semakin berat, terutama untuk menangani tuntutan dan harapan masyarakat. Namun demikian, kami yakin Dirmawan yang memiliki pengalaman dan kompetensi yang luas dapat menjalankan tugasnya dengan baik,’’ kata Bupati.

Bupati juga menekankan bahwa pelantikan ini bukanlah sekadar seremonial semata, melainkan sebuah tonggak penting dalam menjaga stabilitas dan kelangsungan Pemerintahan Daerah. ‘’Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Sumbawa, baik dari unsur Eksekutif maupun Legislatif, untuk memberikan dukungan penuh kepada Penjabat Sekretaris Daerah dalam melaksanakan tugasnya,’’ pungkasnya. (red)