HEADLINE

Ratusan CJH Kloter I Embarkasi Lombok Diberangkatkan

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Nusa Tenggara Barat, Zamroni Aziz. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Sebanyak 393 Calon Jama’ah Haji (CJH) Kloter I Embarkasi Lombok dari Kabupaten Lombok Timur diberangkatkan Rabu pagi (7/6/2023) ini.

Para CJH diberangkatkan melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) sekitar pukul 06.55 Wita. Sebelumnya, Selasa (6/6) kemarin, para CJH telah masuk Asrama Haji.

“Spesial lagi pada kloter pertama ini ada Ibu Wakil Gubernur (Sitti Rohmi Djalilah) sebagai jama’ah haji reguler,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag NTB, Zamroni Azis di Kota Mataram.

Baca Juga:  ASN Main Judi Online Terancam Dipecat

Dijelaskannya, CJH Kloter I ini terdiri 388 orang dan 5 orang lainnya adalah petugas, sehingga totalnya 393 orang. “Dari 393 total jama’ah yang berangkat di kloter pertama ini ada 90 lansia,” katanya.

“Dua orang lansia yang umurnya 93 tahun atas Muhammad Afifuddin dan umur 91 tahun Inak Rimintang, kemudian memakai kursi roda ada lima orang,” sambungnya.

Kembali dikatakan Zamroni Azis, dari 388 orang jemaah terdapat 70 orang yang belum keluar visanya sesaat sebelum masuk asrama haji, namun setelah melalui proses menjadi tersisa tujuh orang.

Baca Juga:  Demokrat Bakal Putuskan Dukungan Pilkada Sumbawa Saat "Injury Time"

Meski demikian, bagi sejumlah CJH yang belum menerima visa itu dipastikan sejak kemarin telah menerima visanya. Sehingga semua CJH dapat berangkat.

Selama berada di Asrama Haji, masih kata dia, para CJH menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, pembagian paspor dan visa. Termasuk pembinaan manasik oleh petugas haji.

Sebelumnya, Zamroni Azis juga mengungkapkan bahwa pada dinihari pelepasan dilakukan oleh Gubernur Zulkieflimansyah bersama Forkopimda Nus Tenggara Barat.

“Sesuai instruksi Menteri Agama tidak diperkenankan banyak kegiatan seremonial. Untuk tetap menjaga fisik dan kebugaran jemaah,” tegas Kepala Kanwil Kemenag NTB.

Baca Juga:  Satpol PP Deteksi Pelanggaran Ketertiban Umum

Sekedar informasi, jumlah jemaah calon haji Embarkasi Lombok, sebanyak 4.929 orang. Jemaah haji NTB ini terdiri dari 13 kloter, satu kloter 13 merupakan kloter campuran bersama jemaah calon haji Aceh. (red)