NASIONAL

Rudhy Mbojo Raih Penghargaan Sumbawa Award 2023

Anggota DPR RI dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H Muhammad Syafrudin (HMS) meraih penghargaan Sumbawa Award 2023. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Sejumlah tokoh di Kabupaten Sumbawa meraih penghargaan “Sumbawa Award 2023” dari berbagai kategori. Sumbawa Award digelar oleh Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Ini dalam rangka memperingati Satu Dekade berdirinya UTS.

Perguruan tinggi yang berjuluk Kampus Elang itu memiliki motto “UTS Membumi dan Mendunia”. Acara malam penganugerahan itu terlaksana di halaman Kantor Bupati Sumbawa pada Sabtu malam (3/6/2023) lalu.

Adapun salah satu politisi senior asal Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapatlan pengahargaan tersebut. Yakni ia tak lain adalah anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H Muhammad Syafrudin atau biasa disapa HMS.

Rabu (7/6/2023), HMS yang dikonfirmasi membenarkan adanya peraihan penghargaan tersebut. Pria yang duduk di Komisi IV DPR RI itu mengapresiasi dan berterimakasih atas penghargaan dari UTS ini.

Dimana penghargaan tersebut, menurut dia, tentu berdasarkan penilaian yang objektif dari berbagai aspek. “Penilaian yang dilakukan oleh panitia, bagi saya itu hal yang biasa,” kata Legislator Senayan kelahiran asal Bima ini.

Dalam hal ini, ia memberikan perhatian apapun bahkan dimanapun. Termasuk dalam urusan dunia pendidikan. “Saya memberikan perhatian dimanapun di dunia pendidikan. Dan saya memang dari dulu selalu melakukan hal-hal seperti ini,” tuturnya.

“Kalau ditanya (terkait perhatian) banyak sekali, terutama di dunia pendidikan itu sendiri,” sambung HMS. Menurut anggota DPR RI tiga periode itu, bahwa memberikan partisipasi dalam dunia pendidikan itu tidak hanya membeli pulpen atau buku.

Tetapi, kata dia, segala sesuatu yang dapat menunjang kemajuan dunia pendidikan. “Apalagi saat ini saya sekarang berada di Komisi IV DPR,” katanya. “Pulau Sumbawa menjadikan hal yang prioritas diperjuangkan,” sambung pria yang juga akrab disapa Rudhy Mbojo ini.

Salah satu hal nyata yang dilakukan HMS sebagai bentuk perhatian nyatanya, yakni melalui bantuan aspirasinya. Dimana telah memberikan motor tiga roda untuk mendukung atau memfasilitasi berbagai kegiatan kampus.

Kemudian adapula bantuan yang lain, antara lainnya seperti alsintan, program pangan lestari untuk para petani. Selanjutnya dibidang peternakan seperti bibot ternak dalam mendukung program pokdakan perikanan.

“Termasuk memberikan bantuan simulasi untuk kegiatan praktek mahasiswa seperti sapi,” urai politisi yang dikenal ramah dan santun ini. “Yang paling penting bisa memberikan motivasi, bantuan, semangat dan spirit kepada mahasiswa agar bisa maju,” imbuhnya.

Tak ditampik HMS, bahwa sangat sulit mendapatkan bantuan dari dana reguler pemerintah lantaran kondisi COVID. “Saya pikir wajar UTS memberikan saya penghargaan, saya apresiasi dan sangat berterimakasih,” tutup HMS. Sekedar informasi, HMS meraih penghargaan Sumbawa Award 2023 dari UTS ini untuk kategori Anggota Legislatif Inspiratif. (red)