HEADLINE

Wujudkan Net Zero Emission 2050, PLN Komit Bantu Pariwisata NTB

96
Plt Kepala Diskominfotik NTB, Baiq Nelly Yuniarti (kiri atas), Kepala Dishub NTB, Lalu Moh Faozal (kanan atas), pihak PLN saat melakukan penekenan MoU bersama Brida NTB. Kepala Brida NTB, H Wirawan Ahmad (kanan bawah). (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Wakil Gubernur diwakili Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu M Faozal mengapresiasi semua upaya yang dilakukan pihak PLN. Baik itu dalam mewujudkan Net Zero Emission Tahun 2050 dan komitmen untuk membantu pengembangan dalam membangun pariwisata NTB.

“Ini menunjukkan kreatfitas PLN jauh diatas rata-rata. Mewakili Pemerintah Provinsi NTB, terus terang saya apresiasi. Bagi saya di perhubungan ini sangat luar biasa,” katanya. “Kita berada di destinasi yang menjadi kebanggaan kita, berada di perairan ketiga gili, menunjukkan PLN tidak hanya mengurus listrik, juga destnasi wisata di NTB,” imbuhnya.

Hal itu disampaikan Kadishub NTB saat memberikan sambutan diacara Costumer Gathering Kapal Phinisi, Senin (26/9/2022) di di perairan destinasi wisata tiga gili Kabupaten Lombok Utara. Menurut Faozal, dalam mendorong sinergi dan kolaborasi, Pemprov NTB membutuhkan kerjasama yang kuat. Terlebih ditengah kondisi harga-harga yang mulai naik akibat kenaikan BBM.

Begitupun tiket dan barang lain-lain juga ikut naik. Oleh sebab itu, ia berharap ada perubahan kedepan, sehingga dapat membuat harga-harga dapat terjangaku dan pulihnya pariwisata NTB. “Saya berharap mari kita bangun kolaborasi sesuai dengan tema hari ini (kemarin), tentu pemerintah tidak bisa sendirian, kita butuh kerjasama yang kuat dalam menghadapi situasi yang serba susah,” ujarnya.

Baca Juga:  Johan Rosihan Siap Dukung Komoditas Lokal di Pulau Sumbawa

“Dan tidak dalam kondisi yang baik-baik saja, tiba-tiba BBM naik, operasonal kapal dan harga tiket tidak normal-normal, dan mudah-mudahan perubahan-perubahan kedepannya harga tiket dapat terjangkau oleh masyrakat dan wisata kita kembali pulih,” tambahnya.

Selain itu, NTB sebagai salah satu daerah pariwisata, dengan berkembangnya kendaraan listrik yang sudah dimulai ini dapat menunjang pariwisata di NTB. “Terimakasih PLN, inisiasi yang luar biasa dan kedepannya terus kita membangun Nusa Tenggara Barat,” demikian ucap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

Sementara itu, General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo menyampaikan bahwa, PLN sangat dekat dengan masyarakat. Dimana masyarakat semakin memperhatikan PLN dengan semakin tingginya tuntutan pada pelayanan.

Sehingga, kata dia, pihaknya dapat memperbaiki kinerja PLN untuk lebih baik. “Saking dekatnya PLN dengan masyarakat, layaknya suami istri, sering saya sampaikan ke pegawai PLN, kita melayani orang mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, saking dekatnya,” katanya.

Baca Juga:  Johan Salurkan Puluhan Ton Bibit Jagung Untuk 9 Kecamatan di Bima

“Walau tuntutannya semakin tinggi kemudian yang negatif –negatif justru dengan menyampaikan ke kita lebih baik untuk memperbaikinya,” imbuhnya. Dia berharap, masukan dari masyaraat juga akan memotifasi PLN untuk terus berinovasi, dalam mendukung gren energy.

Apalagi akan ada PLTU baru, yang sedang dibangun. Ini menandakan potensi yang sangat cukup di miliki NTB. Namun perlu usaha dengan kebijakan yang baik oleh pemerintah, BUD dan lain-lain.

Selain itu, dijelasksnnya, untuk beralih ke kendaraan listik, PLN telah membangun 3 SPKLU yang sudah terpasang. Diantaranya berada di Kantor PLN Wilayah, Kantor PLN UP3 Mataram, Kantor PLN UIW NTB dan Kantor Gubernur NTB dan tahun ini PLN UIW NTB akan dibangun 2 SPKLU baru.

“Kita optimis, dengan Dishub NTB sudah berkolaborasi dengan menyiapkan SPKLU, infrastruktur untuk kita beralih ke kedaraan listik, tiga yang SPKLI sudah di bangun dan tahun ini akan ada 2 SPKLU, kedepannya akan lebih banyak lagi,” tutupnya.

Baca Juga:  Mori Hanafi Maju DPR RI?

Kemudian Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, Wirawan Ahmad nendatangani MoU untuk riset kendaraan listrik di NTB, selain yang sudah dibangun PLN dengan Dinas Perindustrian NTB yang telah melahirkan perahu listrik atau Electric Boat (E-Boat).

“Luar biasa PLN, dan sangat spesial dan berkesan, Apa yang sudah dibangun oleh PLN hari ini sudah sangat tepat dan awal yang baik merangkai kolaborasi dan sinergi untuk NTB,” katanya. “Kami dari Brida NTB dengan MoU ini mendukung dengan berbagai riset untuk perahu listrik di NTB,” tambah Kepala Brida NTB kelahiran asal Kabupaten Sumbawa tersebut.

Kegiatan Costumer Gathering dengan tema Sinergi dan Kolaborasi mendukung Perekonimian Daerah melalui SASAMBO Electrikfying Life di akhiri dengan penandatanganan MoU PLN UIW NTB dengan Badan Riset Inovasi Daerah. Turut pula hadir dalam kegiatan Costumer Gathering itu, yakni Plt. Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti, pihak PT Angkasa Pura, GM Epicentrum, RSUD NTB dan GM Prime Park dan Direktur Utama PT ITDC. (red) 

Artikel sebelumyaBerikan Layanan Prima, Bank NTB Syariah KCP Sweta Resmi Beroperasi
Artikel berikutnyaDua Pengedar Diringkus Satresnarkoba Polres Sumbawa