NASIONAL

Simulasi Sispamkota Sebagai Wujud Sinergi Jelang Pesta Demokrasi

Dalam rangka wujudkan pelaksanaan pesta demokrasi yang lancar dan kondusif, Polda NTB gelar simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota). (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 sudah didepan mata. Dalam rangka wujudkan pelaksanaan pesta demokrasi yang lancar dan kondusif, Polda NTB gelar simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) yang dihadiri oleh TNI POLRI, KPU, Bawaslu, Kejaksaan, pimpinan tinggi instansi vertikal, dan tentu saja Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan.

Hadirnya Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan dalam giat Sispamkota ini merupakan wujud sinergitas antar instansi dalam rangka pengamanan gelaran Pemilu 2024. Hal ini sejalan dengan perintah Menkumham Yasonna H Laoly bahwa jajaran Kemenkumham dipastikan Netral dalam gelaran Pemilu 2024.

Baca Juga:  Johan Rosihan Nilai Pemerintah Gagal Dalam Hal Produksi dan Tata Kelola

Giat simulasi Sispamkota yang bertempat di lapangan Sangkareang Mataram, Jumat (24/11) ini, dipimpin langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol. Raden Umar Faroq. Pada simulasi ini, juga diperagakan adanya sekelompok massa yang tidak puas dengan hasil Keputusan Pemilu dan cenderung anarkis, hingga akhirnya terjadi ketegangan antar massa dan pihak kepolisian.

Dimana kemudian pihak kepolisian melakukan tindakan tegas, terarah dan humanis, sehingga massa yang melakukan tindakan anarkis tersebut berhasil dibubarkan. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan terbentuk sinergitas dan kesiapan masing-masing stakeholder, sehingga pemilu serentak di provinsi NTB berjalan aman dan lancar. (red) 

Baca Juga:  Johan Rosihan Nilai Pemerintah Gagal Dalam Hal Produksi dan Tata Kelola