NASIONAL

Hadiri Simulasi Sispamkota, Kakanwil Kemenkumham NTB Dukung Pemilu Terselenggara Sukses

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Barat, Parlindungan saat menghadiri Simulasi Sispamkota. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 sukses, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham NTB Parlindungan menghadiri Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Simulasi Sispamkota sendiri digelar oleh Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat bertempat di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram pada Jum’at pagi (24/11/2023) tadi.

Simulasi Sispamkota yang dipimpin oleh Kapolda NTB, Irjen Pol Raden Umar Faroq. Giat ini digelar untuk memastikan TNI/Polri dan Pemda dalam rangka pengamanan Pemilu serentak di NTB pada 2024 mendatang.

Simulasi ini dilakukan untuk menguji SOP (Standar Operasional Prosedur) yang sudah ada dan mengevaluasi kesiapan dari seluruh personil yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan masukan kepada seluruh pemangku kepentingan tidak hanya aparat pengamanan namun juga Pelaksana Pemilu dan Pengawas Pemilu.

Dalam sambutannya, Kapolda NTB mengatakan pihaknya siap mengawal pelaksanaan pemilu dengan baik. TNI dan Polri dalam mengawal pelaksanaan pemilu, harus netral,” katanya.

“Tidak boleh berpihak, tidak boleh mengintimidasi masyarakat untuk menggunakan haknya dalam memilih,” sambung orang nomor satu dijajaran Polda NTB tersebut.

Kapolda NTB berpesan kepada masyarakat untuk menggunakan haknya dalam memilih dengan sebaik mungkin. “Masyarakat jangan sampai terselimuti rasa takut,” imbaunya.

“Jangan sampai terselimuti rasa intimidasi, sehingga pada saat di bilik suara betul-betul menyalurkan aspirasi pilihannya sesuai dengan hati nurani masing-masing,” demikian ia menambahkan. (red)