PENDIDIKAN

Diskominfotik NTB Teken PKS dengan FMIPA UNRAM

Kepala Dinas Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy dengan Dekan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram (FMIPA Unram) Dr. Rahadi Wirawan. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Dinas Kominfotik Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin kerjasama dengan pihak Universitas Mataram (Unram). Kerjasama itu ditandai dengan dilakukannya secara resmi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Yakni Kepala Dinas Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy dengan Dekan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram (FMIPA Unram) Dr. Rahadi Wirawan pada Rabu (28/02/2024).

Jalinan kerjasama ini, tak lain dalam upaya memperkuat sinergitas antara sektor pemerintah dan perguruan tinggi. Ini juga menjadi langkah konkret tindak lanjut MoU antara Unram dan Pemprov NTB sebelumnya.

Dalam sambutannya, Dr. Rahadi menyampaikan harapannya. Dimana dengan kerjasama ini nantinya akan menjadi pijakan penting dalam persiapan menuju Visi Indonesia Emas tahun 2045.

“Adapun kegiatan kerja sama ini semata-mata kami gagas, dalam rangka bagaimana kami di FMIPA menyiapkan kompetensi yang nantinya untuk visi Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

Dirinya menambahkan melalui kerjasama itu, kedepannya ada banyak hal yang bisa dilakukan secara bersama. Tentunya, memberikan kontribusi berarti, terutama bagi Provinsi NTB.

Sementara itu, Kadis Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy menyambut baik PKS dengan FMIPA UNRAM. Momentum kerja sama antara FMIPA UNRAM dan Dinas Kominfotik NTB telah dinantikan.

Terlebih sebagai tindak lanjut dari MoU antara Pemprov NTB dengan pihak Unram. “Urusan statistik itu sekarang menjadi urusan pemerintah daerah,” kata pria yang kerap disapa Doktor Najam ini.

“Itu sebabnya di seluruh provinsi, kabupaten/kota saat ini semuanya ada bidang statistik dan ada urusan yang berkaitan dengan statistik,” sambung mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB tersebut.

Dirinya yakin, lulusan Program Studi Statistik di FMIPA UNRAM bisa menjadi aset berharga bagi daerah. Mengingat kebutuhan yang semakin meningkat terkait pengelolaan statistik di instansi pemerintah, terutama di NTB.

Acara penandatanganan PKS dihadiri pula Kabid Statistik dari Dinas Kominfotik NTB beserta tim, serta Kaprodi Statistika dan dosen-dosen dari FMIPA Unram. Semua pihak berharap sinergi kerja sama membawa manfaat yang besar.

Terlebih dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kualitas layanan publik di NTB. “Sinergi kerjasama ini bukan hanya sekadar tanda tangan di atas kertas, tetapi merupakan komitmen bersama, untuk menciptakan pembaruan positif yang berkelanjutan bagi masyarakat NTB,” pungkasnya. (red)