SOSMAS

BKPD Sosialisasikan Berbagai Program dan Layanan E-KDMK

147

NUSRAMEDIA.COM — Balai Kemasan Produk Daerah (BKPD) Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Nusa Tenggara Barat terus berikhtiar melakukan berbagai terobosan. Terutama dalam lebih mendekatkan layanan BKPD terhadap masyarakat di NTB, khususnya bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Minggu (15/5) lalu, BKPD juga telah melakukan sosialisasi berbagai programnya pada acara Car Free Day di Jln Udayana, Kota Mataram. Termasuk di dalamnya yakni, Layanan E-Klinik Desain Merek Kemas (E-KDMK) dan Aplikasi Simanis. Hadir dikesempatan ini, Kepala Disperin NTB diwakili Sekretaris, Sri Irianti.

Kemudian Kepala BKPD Aryanti Dwiyani, Kepala Seksi (Kasi) Tehnik Kemasan Firmansyah dan Pejabat Fungsional Hafsah dan Aris Priyadi serta staff lingkup BKPD. Tak hanya itu, Walikota Mataram Mohan Roliskana dan anggota DPRD NTB asal Dapil V Sumbawa-Sumbawa Barat Muhammad Nasir juga nampak hadir mensupport kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Lalu Wira : "Impelementasi Pancasila Harus Jadi Rujukan Hukum di Indonesia"

Kepala BKPD Aryanti Dwiyani yang dikonfirmasi, Senin (16/5) kemarin membenarkan adanya giat yang dilangsungkan tersebut. Bahkan dikesempatan itu pula, kata dia, juga dibagikan sejumlah brosur layanan yang terdapat di Balai Kemasan. Antara lainnya, seperti layanan konsultasi.

“Konsultasi kemasan, desain kemasan, pembuatan kemasan, cetak stiker dan masih banyak lagi lainnya,” kata Aryanti Dwiyani. Menurut dia, secara khusus disampaikan pula informasi penting terkait penggunaan E-KDMK yaitu platform online yang menghubungkan IKM.

Kemudian rumah kemasan daerah, penyedia bahan dan penyedia teknologi kemasan. “Bertujuan untuk mewujudkan kemasan produk yang akan diperjualbelikan,” ujarnya. “Sehingga memiliki daya saing sebagai upaya meningkatkan daya beli konsumen. Serta mengoptimalkan IKM untuk dapat mengakses layanan BKPD. Harapannya dapat memangkas kendala jarak dan waktu,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sosialisasi Perpres 55/2022 di Sumbawa

Lebih lanjut dikatakan Kepala BKPD, diharapkan dengan adanya giat tersebut dapat membantu IKM/UKM yang belum mengenal Balai Kemasan. Karena produk-produk yang dihasilkan IKM dapat difasilitasi oleh BKPD Dinas Perindustrian NTB. “Terutama dalam menaikan nilai tambah dan harga jual produk IKM,” demikian Aryanti Dwiyani.

Sekedar informasi, kegiatan pada Minggu (15/5) lalu itu terlaksana sekitar pukul 06.00 hingga 10.00 Wita. Nampak para IKM cukup antusias dengan giat yang dilaksanakan oleh BKPD Dinas Perindustrian Provinsi NTB itu. Bahkan para IKM terlihat sangat asik berkonsultasi di stand yang sudah disediakan. (red) 

Baca Juga:  Anak NTB Diajak Ramaikan Posyandu Keluarga
Artikel sebelumyaManjakan Selera Sultan Anda, Sultan Food Hadirkan Minuman Baru dan Segar
Artikel berikutnyaPemprov NTB Diminta Gerak Cepat Tangani Temuan PMK Ternak