SOSMAS

Bunda Niken Ajak Kader Perkuat Semangat dan Pengabdian

54

NUSRAMEDIA.COM — Kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi secara resmi dibuka oleh Ketua TP PKK Nusa Tenggara Barat, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah pada Jum’at (12/8) kemarin di Lapangan Beringin lingkup Kantor Bupati Dompu.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK NTB menyampaikan, Jambore Kader PKK merupakan wadah untuk memperkuat semangat. Terlebih meningkatkan silaturahim dan pengabdian sebagai kader.

“Jambore ini diikuti oleh para Tim Penggerak PKK Provinsi, Kabupaten/Kota dan kader terpilih. Dengan harapan agar dapat meningkatkan silaturahim,” kata Bunda Niken kerap perempuan itu disapa.

“Termasuk bertukar pengalaman, meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan melaksanakan tugas-tugas pembangunan,” tambah istri dari orang nomor satu di Provinsi NTB tersebut.

Bunda Niken yang juga Ketua Dekranasda NTB menegaskan, TP PKK sebagai mitra pemerintah, telah menyelaraskan programnya, dengan kebijakan program pemerintah melalui OPD terkait.

“Tentu saja, kami memahami bahwa semua ketua TP PKK merupakan istri-istri kepala daerah, yang telah berhasil bermitra membina TP PKK kecamatan hingga desa di daerah dalam mewujudkan dan mensukseskan program pemerintah di daerah,” kata Bunda Niken.

Baca Juga:  Festival Tunas Bahasa Ibu se-Kecamatan Sumbawa Meriah

Dalam rangkian kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, terdapat berbagai aktifitas, seperti lomba-lomba untuk para peserta jambore. “Kegiatan lomba ini, untuk menuangkan dan menguatkan program-program TP PKK,” kata Alumni Universitas Indonesia (UI) tersebut.

“(Program TP PKK) yang menjadi unggulan kita, agar meningkatkan kualitas dan kepekaan ibu-ibu. Ketua TP PKK Desa yang menjadi ujung tombak ditingkat desa,” sambung Bunda Niken.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan sinergi Ketua TP PKK Dompu beserta Bupati Dompu yang telah berkenan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB Tahun 2022.

“Jambore digelar dua (2) tahun sekali, tahun 2022, Kabupaten Dompu dipercayakan menjadi tuan rumah. Penentuan tempat berdasarkan kesepakatan bersama dengan 10 Kabupaten/Kota,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Dompu Lilis Suryani Kader Jaelani, menyampaikan selamat datang kepada peserta Jambore kader PKK tingkat Provinsi NTB Tahun 2022, di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Baca Juga:  Kodim Sumbawa Barat Terus Bersinergi dengan Masyarakat

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan memotivasi para kader PKK meningkatkan kinerja dalam mewujudkan keluarga sehat, maju dan mandiri. “Meningkatkan kualitas kader PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK,” katanya.

“Yakni penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan dan sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan hidup sehat,” urainya.

Adapun tema yang diangkat, “Tingkatkan Kinerja PKK Melalui 10 Progeam Pokok PKK”. Jambore Kader Provinsi NTB Tahun 2022, dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 14 Agustus Tahun 2022 bertempat di Kabupaten Dompu dilapangan beringin dan Lakey Kecamatan Hu’u.

Kemudian Bupati Dompu Kader Jaelani menambahkan, mewakili pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Dompu menyampaikan penghargaan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini.

Terutama kepada Pemerintah Provinsi NTB yang telah menunjuk Kabupaten Dompu sebagai tuan rumah. Diakuinya bahwa melalui Jambore Kader PKK, akan memberikan kontribusi bagi kemajuan dan perubahan daerah yaitu terbangunnya kerjasama kebersamaan dan solidaritas antar kader PKK masing-masing Kabupaten/Kota se-NTB.

Baca Juga:  Forjust Hukum Unram Gandeng Gita KDI Hebohkan Sesaot

“Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam melaksanakan tugas dan fungsi TP PKK. Terus menjalin kerjasama yang serasi Selaras dan Harmoni untuk mendukung program-program pemerintah,” kata Bupati.

Sinergitas dengan berbagai pihak, menurut Bupati, sangat diperlukan. Ini untuk mewujudkan Dompu yang Masyhur, NTB Gemilang dan Indonesia maju. “Jambore kader PKK ini juga dapat menjadi Wahana melahirkan kader PKK yang tangguh,” ujarnya.

“Untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat yang meningkat dan gerakan pemberdayaan program kesejahteraan serta pembangunan, sebagai mitra kerja pemerintah PKK,” tambah Bupati lagi.

Maka dari itu, dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan manajerial sehingga berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakannya dapat memberikan nilai yang lebih baik kesejahteraan masyarakat.

“Kepada camat, kepala desa dan seluruh masyarakat untuk dapat mendukung berbagai program dan kegiatan di wilayah masing-masing guna memberikan ruang bagi TP PKK untuk berkontribusi dalam pembangunan,” pungkasnya. (red) 

Artikel sebelumyaVanili Terbaik Indonesia Ada di NTB
Artikel berikutnyaSeluruh Desa di NTB Didorong Naik Level