SOSMAS

HMS Bantu Permodalan dan Peralatan Bagi Pelaku Usaha di Pulau Sumbawa

Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dari Daerah Pemilihan (Dapil) NTB 1 Pulau Sumbawa, H Muhammad Syafrudin, ST, MM. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Selama duduk di Komisi IV, anggota DPR RI jebolan asal Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H Muhammad Syafrudin (HMS) telah menyalurkan berbagai program melalui aspirasinya.

Ini tak lain sebagai bentuk perhatian/kepedulian pria yang kerap disapa HMS itu dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Nusa Tenggara Barat, khususnya yang berada di Pulau Sumbawa.

Dari sekian program, salah satunya adalah bantuan usaha ekonomi produktif dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) selama 2022. Ini diperuntukkan bagi pelaku usaha dikawasan wisata.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB Budhy Kurniawan mengungkapkan beberapa data kelompok penerima bantuan usaha ekonomi produktif dari aspirasi HMS.

Dimana selama tahun 2022 lalu, aspirasi Legislator Senayan kelahiran asal Bima itu menyasar secara merata di Pulau Sumbawa, NTB. Yakni meliputi Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima.

Baca Juga:  DP2KBP3A Sumbawa Gelar Sosialisasi

Menurut dia, HMS sangat peduli dengan kepentingan masyarakat Pulau Sumbawa yang berusaha. Seperti terdata dibantuan tunainya untuk pelaku usaha ekonomi kreatif menengah. Baik dari menyasar penangkar rusa hingga pemilik cafe disekitar obyek wisata (kawasan hutan).

Bantuannya, ungkap dia, permodalan masing-masing Rp30 juta untuk penangkar rusa, pemilik cafe dan lainnya. Kemudian adapula menyasar bebefapa jenis bantuan usaha ekonomi produktif.

“Berupa peralatan kemah, pembuatan kolam, penetasan tukik serta jasa makanan minuman,” ungkap Kepala BKSDA NTB tersebut. Ia berharap, dengan adanya bantuan dari HMS, pelaku usaha dapat terbantu.

Baca Juga:  Zamroni Aziz : "Wartawan Itu Pendakwah"

“Semoga melalui bantuan dari HMS para pelaku usaha terbantu dengan modalnya untuk mengembangkan usaha mereka berdagang di obyek- obyek wisata dan lainnya,” demikian Budhy Kurniawan.

Sementara itu, HMS mengatakan, bahwa selama ada matahari pasti akan ada harapan. Selama dirinya menjabat sebagai anggota DPR RI, maka dirinya menyatakan akan siap berjuang untuk kepentingan masyarakat.

Seperti halnya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) melalui BKSDA bisa memberikan bantuan usaha untuk UMKM seperti penangkar rusa, pedagang (pemilik cafe) di obyek wisata kawasan hutan di tahun 2022 melalui aspirasinya.

Dimana menyasar keseluruh Kabupaten/Kota yang ada dilingkup Pulau Sumbawa, NTB. Menurut dia, berbagai bantuan itu, tentunya akan memberikan dampak yang positif terutama bagi penerima manfaat. “Bantuan ini bisa menopang ekonomi masyarakat untuk kesejahteraannya,” kata HMS.

Baca Juga:  Sambut 1 Muharram, Diskominfotik NTB Gelar Pengajian Bersama

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut juga menegaskan, memperjuangkan kepentingan masyarakat adalah hal yang utama. Apalagi dirinya merupakan Wakil Rakyat Pulau Sumbawa di Senayan.

“Kami bisa seperti ini juga karena masyarakat. Jadi kepentingan mereka harus di perjuangkan pada pemerintah pusat. Apalagi di komisi (IV) ada program itu,” kata pria yang dikenal santun dan ramah tersebut.

Maka dari itu, HMS berharap, khususnya bagi para penerima mampu mengelola dengan baik bantuan-bantuan yang diterima. “Terlebih bisa berkembang untuk perputaran ekonomi lingkungan dan desanya untuk lebih baik kedepan,” tutup HMS. (red)