NASIONAL

Pertama di Indonesia, NTB Segera Bangun Perusahaan Energi Terbarukan

Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memiliki perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan. Pada 17 Agustus 2023 mendatang tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, peletakan batu pertama akan dilakukan oleh PT Kaltimex Energy bersama dengan PT Mitsui Indonesia selaku investor. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memiliki perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan. Pada 17 Agustus 2023 mendatang tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, peletakan batu pertama akan dilakukan oleh PT Kaltimex Energy bersama dengan PT Mitsui Indonesia selaku investor.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menjelaskan, dibangunnya perusahaan ini merupakan buah manis perjuangan Pemprov NTB. Sebagaimana diketahui, NTB memiliki cita-cita Net Zero Emission di 2050. Karena kesungguhan itu, perusahaan energi terbarukan NTB akan menjadi yang pertama di Indonesia.

“Perjuangan bertahun-berbuah manis akhirnya. Insya Allah pertengahan Agustus ini Mitsui dari Jepang dan mitranya akan melakukan peletakan batu pertama untuk pengembangan energi terbarukan di NTB,” kata Bang Zul kerap Gubernur NTB disapa.

Hal tersebut disampaikan usai menerima kunjungan PT Kaltimex Energy bersama dengan PT Mitsui Indonesia terkait diskusi lebih lanjut tata-waktu proyek (projeck time line) Project Eco-System dari perkembangan tahapan Proyek Pembangunan Pabrik Compressed Biogas (BioCNG) di Lombok.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti menjelaskan, nantinya perusahaan investor akan bekerjasama dengan PT GNE yang merupakan perusahaan daerah Provinsi NTB.

Perusahaan energi terbarukan yang dibangun akan memproduksi gas dan briket dari olahan sampah pertanian dan perhutanan yang ada di NTB. Lokasi pembangunannya sendiri akan dilakukan di TPA Kebon Kongok, Lombok Barat.

“Zero Waste adalah ikhtiar kita menyiapkan bahan baku berkesinambungan,” jelasnya. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur NTB didampingi oleh Kepala Dinas ESDM, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perdagangan.

Kemudian nampak pula Kepala Dinas LHK, Kepala Dinas Perindustrian dan Kepala UPT TPA Kebon Kongok. Sementerara PT Kaltimex Energy diwakili K K Ralhan (Komissaris merangkap Kaltimex Energy Group Chairman).

Selanjutnya Widi Pancono (Senior Advisor) dan Mustika Mustari (Bussiness Development Executive Rrenewable Energy Division). PT Mitsui Indonesia diwakili Ihsanul A Yunaz (Director Energy) dan Wisnu
Joharza (Division Energy). (red)