SOSMAS

Perluasan Gemarikan Tangani Stunting di Sumbawa

Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany secara resmi membuka kegiatan Perluasan Safari Gemarikan. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany secara resmi membuka kegiatan Perluasan Gemarikan. Ini dalam rangka menangani persoalan stunting dan gizi buruk di Kabupaten Sumbawa, Rabu (24/01/2024).

Dalam sambutannya, orang nomor dua di Kabupaten Sumbawa tersebut menyampaikan bahwa, Kabupaten Sumbawa memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Ini baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

Meski demikian, kata Wabup Novi, besarnya potensi perikanan yang dimiliki belum sebanding dengan tingkat konsumsi ikan masyarakat. “Pemanfaatan potensi perikanan ini belum berbanding lurus dengan pemanfaatan dan konsumsi ikan yang dilakukan oleh masyarakat kita,” katanya.

Baca Juga:  Ratusan Peserta BPJS PBI APBD Dinonaktifkan

“Hal ini disebabkan salah satunya, karena wilayah Kabupaten Sumbawa yang sebagian besar berada di wilayah perbukitan dan pegunungan. Sehingga distribusi ikan relatif sulit dilakukan ke daerah-daerah tersebut,” ungkap Hajjah Novi.

Pemda Sumbawa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, kata Wabup, telah melakukan berbagai upaya untuk menaikkan tingkat konsumsi ikan dengan melaksanakan berbagai program dan kegiatan.

Seperti sosialisasi gemari ikan di desa-desa lokus stunting setiap tahunnya, pelatihan pengolahan ikan, memberikan makanan tambahan bagi ibu hamil, menyusui, balita dan anak sekolah, serta lomba masak serba ikan.

Baca Juga:  Wabup Sumbawa Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Buer

“Tentu ikhtiar kami untuk memasyarakatkan makan ikan melalui berbagai program dan kegiatan yang kami lakukan masih belum cukup memadai minimnya anggaran pemerintah daerah menjadi hambatan untuk mengatasi persoalan tersebut,” kata Wabup.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui kesempatan yang dinilai baik ini, pihaknya berharap anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, khususnya Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dapat terus mensupport Sumbawa.

“Melalui kesempatan baik ini kami sangat berharap anggaran anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dan lebih khusus kepada Direktorat Jenderal penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan dapat mensupport kami,” harapnya.

Baca Juga:  HMS Berikan Bantuan Untuk Pembangunan Masjid Al-Mujahidin

“Kami juga berharap semoga program-program serupa seperti ini dapat terus dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa,” demikian sambung Wakil Bupati Sumbawa yang juga merupakan adik dari Gubernur NTB Periode 2018-2023 ini, yakni Dr. H. Zulkieflimansyah.

Sekedar informasi, hadirnya giat perluasan gemarikan di Kabupaten Sumbawa itu merupakan perhatian pemerintah pusat melalui KKP RI yang bekerjasama dengan anggota Komisi IV DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, yaitu H. Johan Rosihan. (red)